Sunday, June 15, 2014

Penjualan Xenia Turun, Apa Kata Daihatsu?

Penjualan Xenia Turun, Apa Kata Daihatsu?Jakarta - Penjualan mobil MPV Daihatsu Xenia dalam 3 bulan terakhir mengalami penurunan. Pada Maret 2014 ada sekitar 3.640 unit, April 2014 3.543 unit dan bulan Mei 2014 lebih parah yaitu ada 2.466 unit yang terjual.

Nasib kembaran Xenia yaitu Avanza lebih baik. Benarkah penurunan penjualan MPV Xenia ternyata kalah bersaing dengan MPV kompetitor? Memang kedua mobil tersebut terus digempur merek lain. Tidak hanya dari segi desain, teknologinya cuma cukup mumpuni di segmen low MPV.

"Memang persaingan semakin ketat, tapi kami salah satu juga penjualan memang turun di retail, lalu di wholesale kami juga turun kenapa?, karena di bulan Mei banyak libur. Dengan banyak libur kami setop pabrik seminggu dalam rangka untuk maintenance (perawatan mesin pabrik)," kata Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Sudirman MR kepada detikOto.

Menurutnya, maintenance mesin pabrik seharusnya dilakukan pertengahan tahun antara Juni-Juli 2014, namun melihat banyak libur pada Mei 2014, maka PT ADM memindahkan masa maintenance di Mei 2014. Langkah tersebut tentu saja berdampak pada suplai MPV Xenia ke diler dan konsumen.

"Waktu libur itu digunakan daripada kami adakan di bulan Juni atau Juli nanti, momentum itu kami gunakan di bulan Mei. Bahwa ada masuk libur masuk libur, ya kita bicara dengan karyawan. Menurut mereka lebih tepat kalau kita dilakukan di Mei. Itu salah satu alasan memang kami menurun," beber Sudirman.

PT ADM sadar, maintenance mesin pabrik itu tentu berdampak pada penjualan. Dan itu sudah diprediksi sebelum memulai perawatan pabrik.

"Tapi sudah di-planning dari awal bahwa bulan Mei kami akan sekian produksinya karena akan digunakan untuk maintenance seluruh instalasi pabrik," urai Sudirman.

Total produksi Daihatsu bulan lalu mencapai 36 ribu. Untuk Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia dilakukan di pabrik ADM.

"Xenia-nya bulan lalu kita produksi 2.000-an sekian. Memang kita turunkan karena libur 1 minggu jadi hari kerja hanya 3 minggu, waktu bulan Mei. Bulan ini kita naikkin lagi produksinya, mungkin 3.500-4.000 ribu, Xenia-nya aja. Total produksi Daihatsu mungkin 15-16 ribu, balik lagi ke normal produksinya," tutup Sudirman.


0 comments:

Post a Comment