Thursday, June 12, 2014

Tomat Jadi Bahan Plastik untuk Mobil Ford

Tomat Jadi Bahan Plastik untuk Mobil FordJakarta - Pabrikan mobil asal Amerika Serikat, Ford terus berinovasi. Tidak hanya dari segi teknologi, penggunaan bahan dasar mobil yang terbarukan juga turut dikembangkan Ford demi kelangsungan lingkungan.

Baru-baru ini, Ford dan perusahaan saus tomat HJ Heinz Company bekerjasama kembangkan bahan bio-plastik yang terbuat dari serat tomat. Untuk diketahui, memang Ford selama ini memanfaatkan bahan dasar nabati di beberapa komponen mobil.

Di situs Ford dijelaskan, plastik dari bahan nabati tomat itu bakal digunakan untuk membuat komponen konsol di mobil.

Alasan Ford memanfaatkan bioplastik ini bertujuan untuk mengurangi kebutuhan petrokimia dalam proses manufaktur. Bahan yang terbuat dari serat tomat menggunakan biomassa terbarukan sebagai pengganti minyak bumi. Selain mudah diperoleh, harga bahan dasar tomat juga cukup terjangkau.

"Kami sedang berinovasi apakah bahan makanan ini potensi untuk diaplikasikan ke dunia otomotif," kata spesialis penelitian plastik Ford Ellen Lee.

"Tujuan kami adalah untuk mengembangkan bahan ringan yang kuat yang memenuhi persyaratan kendaraan kita, sementara pada saat yang sama mengurangi dampak lingkungan secara keseluruhan," tutup Lee.


0 comments:

Post a Comment