Friday, July 25, 2014

Seberapa Efektif Larangan Penggunaan Ponsel Sambil Mengemudi?

Seberapa Efektif Larangan Penggunaan Ponsel Sambil Mengemudi?Colorado - Universitas of Colorado Boulder menemukan kanyataan yang berlawanan dengan klaim menyamakan berkendara dalam keadaan mabuk dengan pengendara yang menyetir sambil menggunakan ponsel. Ternyata aturan ketat terkait penggunaan ponsel tidak berhasil menurunkan tingkat fatalitas di jalan.

Penelitian-penelitian sebelumnya telah banyak menggambarkan betapa berbahayanya menggunakan ponsel sambil berkendara. Tapi penelitian Universitas of Colorado Boulder tidak menemukan hasil signifikan dari klaim tersebut. Setidaknya di California, Amerika Serikat.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Transportation Research Part A: Policy and Practice ini mengungkapkan kalau implikasi larangan menggunakan ponsel saat berkendara mungkin tidak secara signifikan menguragi kecelakaan.

"Jika itu benar-benar berbahaya, dan jika bahkan hanya sebagian kecil dari orang berhenti menggunakan ponsel mereka, kita akan mengharapkan untuk menemukan beberapa penurunan kecelakaan," kata co-author Daniel Kaffine, profesor ekonomi di Universitas of Colorado Boulder.

"Tapi kami tidak menemukan bukti statistik dari pengurangan," tambahnya.

Penelitian ini membandingkan data kecelakaan di California sebelum dan sesudah negara bagian tersebut diberlakukan larangan menggunakan ponsel secara tegas pada 2008. Para peneliti berusaha mengurai masalah-masalah yang bisa menyebabkan kecelakaan seperti kondisi jalan, cuaca buruk dan variabel lain yang diketahui mempengaruhi tingkat kecelakaan.

Kaffine lalu mengusulkan beberapa penjelasan teoritis untuk temuannya, termasuk ada kemungkinan lain yang mengganggu konsentrasi mengemudi yang pada akhirnya menyebabkan kecelakaan.


0 comments:

Post a Comment