Monday, November 10, 2014

Jokowi Cicipi Mobil Termahal Buatan Tiongkok

Jokowi Cicipi Mobil Termahal Buatan TiongkokBeijing - Presiden Joko Widodo wara-wiri di Beijing saat mengikuti KTT APEC menggunakan mobil bermerek Hongqi. Mobil mewah yang difasilisi pemerintah Tiongkok itu bentuknya unik dan tentu saja yang digunakan Jokowi, mahal harganya.

Mobil itu berwarna hitam. Bentuknya klasik dengan lampu depan yang bulat, lalu sebuah simbol berbentuk lengkung terletak di bagian tengah kap depan. Di bagian belakang pun tak jauh beda, lampunya bulat. Gayanya seperti bukan mobil modern, namun mobil era tahun 60-an.

Khusus yang digunakan Jokowi, terdiri dari empat pintu. Tak terlihat ada gambar bendera Indonesia terpasang di depannya. Beberapa pemimpin negara lain pun demikian.

Kepala Bidang Penerangan Sosial dan Budaya (Pensosbud) KBRI Beijing, Santo Darmosumarto, mengatakan mobil Hongqi yang digunakan Jokowi adalah salah satu jenis yang paling mewah. Harganya bisa mencapai sekitar US$ 1 juta atau sekitar Rp 12 miliar (kurs Rp 12.000 per dolar).

"Kalau yang custom seperti Pak Jokowi mungkin bisa sampai US$ 1,8 juta. Itu kan anti peluru," kata Santo saat berbincang dengan detikOto di Beijing, Selasa (11/11/2014).

Selama tinggal di Beijing beberapa bulan terakhir, Santo jarang melihat mobil tersebut berkeliaran di jalanan. Dia menyaksikannya baru pada even APEC ini karena kerap digunakan oleh para pemimpin negara dunia.

"Merek mobil itu sangat terkenal waktu era tahun 60an," cerita Santo.


0 comments:

Post a Comment