Monday, December 1, 2014

Mau Mobil Pertama Batman? Harganya Rp 1,1 Miliar

Mau Mobil Pertama Batman? Harganya Rp 1,1 MiliarDallas - Ford Lincoln Oldmobile, sebuah mobil yang diyakini sebagai mobil pertama Batman di dunia, akan dilelang oleh Heritage Auctions, Dallas, Amerika Serikat. Harga penawaran awal yang ditetapkan sekitar Rp 1,1 miliar.

Seperti dilansir laman BBC, Senin (1/12/2014), proses lelang akan dilakukan pada 6 Desember nanti. Dalam pernyataan Heritage Auctions, mobil itu dibuat dan didesain oleh Forest Robinson yang terinspirasi oleh komik Batman 1930.

Pada 1963, Forest mengganti kerangka mobil Oldmobile 88 buatan 1956 itu dan menanamkan mesin Rocket Classic 324 V8. Dia juga menambahkan berbagai aksesoris dan tambahan custom untuk menyesuaikan tampilan mobil itu dengan karakter Batman.

Forest mengecatnya dengan warna silver. Ternyata DC Comics pembuat film Batman tertarik dengan hasil kreasi Forest dan membelinya. Maka jadilah mobil itu sebagai mobil Batman pertama.

Namun, setelah tiga tahun dipakai Batman, mobil itu digantikan oleh Ford Lincoln Futura hasil kreasi George Barris. Oldmobile pun berpindah tangan, menjadi milik seorang kolektor yang membelinya dengan harga US$ 200 atau sekitar Rp 2,4 juta.

Setelah itu hampir 50 tahun mobil itu tak terdengar kabar beritanya, hingga 2008 lalu terdengar lagi informasi mobil itu telah dimiliki seorang kolektor. Sang kolektor melegonya pada 2013, dan setahun kemudian direstorasi dan dilelang pada 2014 ini.





(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment