Thursday, December 25, 2014

Pemotor, Ini Ada Rompi dan Jaket Pakai Airbag

Pemotor, Ini Ada Rompi dan Jaket Pakai AirbagWashington - Keamanan lalu lintas lagi-lagi menjadi sorotan utama. Apalagi, keamanan pemotor yang sangat dikhawatirkan. Untuk itu, pemain baru di bidang perlindungan dengan kantung udara atau airbag asal Amerika Serikat (AS), Helite mengeluarkan rompi dan jaket yang dilengkapi dengan airbag.

Dalam laman resminya Helite mengklaim, jaket dan rompi ini menerapkan sistem airbag dengan pengembangan mekanik tercepat didunia. Airbag itu mampu mengembangkan udara dalam waktu 80 milidetik.

Setelah teraktivasi, udara akan mengembang dan membentuk airbag yang kaku dari bawah helm hingga ke pinggang dan bagian bawah tubuh. Nantinya, airbag akan mengempis secara otomatis dan dapat digunakan kembali dengan pengisian ulang CO2 yang terdapat dalam tabung.

Keamanan leher dan kepala penggunanya juga didukung penuh. Dengan begitu, risiko cedera serius pada leher dan kepala pemotor lebih sedikit. Selain itu, tulang selangka dan tulang rusuk juga terlindungi dengan jekat maupun rompi airbag ini.

Airbag ini menggunakan pemantik mekanik yang tertanam di jaket maupun rompi untuk mengaktifkan kembangan udara. Pemantik itu membuat aktivasi airbag tidak memerlukan sistem elektronik maupun pemasangan perangkat pada sepeda motor.

Dengan begitu, pengendara bisa menggunakan sepeda motor lain dengan menggunakan rompi ini. Pemantik airbag ini membutuhkan gaya sebesar 60 pon untuk mengaktifkan. Karenanya, kemungkinan aktivasi pengembangan airbag secara sengaja hampir mustahil.