Tuesday, January 20, 2015

Toyota: Industri Otomotif Mau Maju, Siapkan 4 Langkah Ini

Toyota: Industri Otomotif Mau Maju, Siapkan 4 Langkah IniJakarta - Selama ini industri otomotif Indonesia selalu disandingkan dengan Thailand. Untuk urusan ini, Indonesia masih harus mengakui keunggulan Thailand.

Namun majunya industri otomotif Thailand ini bukan tanpa alasan. Karena investor lebih percaya terhadap Thailand dibandingkan Indonesia.

"Kita harus bisa seperti Thailand. Penarikan investor ke suatu negara, ada 4 hal dan Thailand sudah berada di tahap ke-4 itu," ujar Vice President PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Warih Andang Tjahjono di Jakarta.

Dirinya pun menuturkan satu persatu langkah apa saja yang harus diambil untuk bisa mendatangkan investor.

"Masalah perizinan, one-stop perizinan itu menjadi langkah pertama. Selanjutnya bagaimana mengelola UKM di Indonesia yang membutuhkan partner, dan di Thailand UKM kecil semuanya telah mendapat dukungan penuh," katanya.

"Ke-3 tempat industri, bagaimana para investor dengan mudah mendapatkan tempat produksi, bagaimana kita (Indonesia) menyediakan tempat yang mudah didapat," tambahnya.

Dan hal yang paling penting menurut Warih, terdapat pada tahap ke-4. Yakni bagaimana peran pemerintah Indonesia untuk mendukung para investor.

"Tahap ke-4 ialah insentif, ada suatu benefit buat mereka atau tidak. Itu empat kriteria yang saya pelajari, industri kita sudah sampai mana? Ini yang harus kita bangun agar negara kita bisa kompetitif (dengan negara ASEAN lainnya), dan Thailand sudah masuk ketahap 4," tambahnya.


(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment