Tuesday, January 20, 2015

Harga Minyak Anjlok Kian Sulitkan Mobil Listrik

Harga Minyak Anjlok Kian Sulitkan Mobil ListrikStuttgart - Akhir-akhir ini, harga minyak dunia kian menurun. Dengan begitu, konversi dari mobil BBM menjadi mobil tenaga alternatif seperti listrik diyakini semakin sulit.

Masyarakat akan tetap nyaman menggunakan bahan bakar minyak karena harganya yang semakin murah.

Hal itu pun disadari oleh pabrikan otomotif asal Jerman, BMW. Menurut pernyataan BMW AG, minyak yang semakin menurun akan menyulitkan penjualan mobil listrik. Padahal, BMW kini tengah menggalakkan mobil versi plug-in untuk semua model teratasnya.

"Penjualan kendaraan nol emisi mungkin akan anjlok di beberapa negara. Ada beberapa pertumbuhan jangka pendek yang akan terjadi di beberapa negara," ujar Kepala Penjualan dan Pemasaran BMW, Ian Robertson di BMWBlog.com

Di Amerika Serikat sendiri, penjualan mobil hybrid dan listrik mengalami penurunan hingga 3,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Padahal, beberapa produsen otomotif sudah mulai berlomba membuat mobil yang ramah lingkungan untuk mengikuti ketatnya peraturan emisi gas buang.

Pada 2014 lalu, BMW telah menjual 16.052 mobil listrik i3 dan 1.741 mobil sport plug-in hybrid i8. Jika keduanya digabungkan, mobil hybrid itu menyumbang 0,8 persen dari penjualan BMW tahun lalu.

"Peraturan di AS dan Eropa, Tiongkok dan Jepang jelas dan itu tidak akan berubah. Munculnya mobil nol emisi akan datang, sehingga strategi kami tetap di jalur itu," tegas Robertson.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment