Friday, February 20, 2015

Kia Sorento Terbaru Raih Peringkat Tertinggi Uji Tabrak IIHS

Kia Sorento Terbaru Raih Peringkat Tertinggi Uji Tabrak IIHSWashington - Varian Sport Utility Vehicle (SUV) Kia Sorento generasi terbaru meraih peringkat tertinggi dalam serangkaian uji keamanan yang digelar Insurance Institute for Highway Safety (IIHS).

Sorento yang telah mengalami perubahan desain itu masih belum mendapatkan peringkat tertinggi dalam tes small overlap. Meski begitu, peringkat tersebut telah meningkat dibanding model sebelumnya.

Dalam uji tabrak yang disimulasikan sebagian dari depan mobil menabrak sebuah rintangan itu, boneka dummy pengemudi mengalami risiko cidera ringan.

Hal itu berbeda dengan tes pada generasi sebelumnya dimana boneka pengemudi mengalami cedera serius.

Sementara untuk kategori benturan dari depan, samping, uji kekuatan struktur atap, serta penahan kepala, mobil ini mendapatkan peringkat tertinggi.

Hasil pengujian model terbaru yang digelar IIHS pada tahun ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Intrusi maksimum diukur pada empat inci, sedangkan gerakan dummy dikontrol dengan baik. Akibatnya, skenario kecelakaan itu menunjukkan risiko rendah yang signifikan saat terjadi kecelakaan yang sebenarnya.

Varian seupa yang juga telah menerima peringkat tinggi dari IIHS adalah Toyota Highlander, Chevrolet Equinox, GMC Terrain dan Nissan Pathfinder.

Sedangkan Jeep Grand Cherokee, Ford Explorer dan Toyota 4Runner terbaru hanya memperoleh skor marjinal dalam sesi tes tumpang tindih dan Honda Pilot mendapatkan peringkat terendah.