Friday, February 20, 2015

Levi Rally Center, Tempat Reli dengan Luas 400 Kali Lapangan Bola

Levi Rally Center, Tempat Reli dengan Luas 400 Kali Lapangan BolaLevi - Finlandia merupakan negara yang banyak melahirkan pebalap-pebalap tangguh dunia. Salah satunya adalah Kimi Raikkonen yang sudah menyabet gelar di dunia balapan mobil khususnya Formula One (F1).

Saat reporter detikOto Aditya Maulana bertandang ke Finlandia atas undangan dari PT Pertamina Lubricants, ternyata tempat yang disinggahi saat menjalankan program Fastron Winter Driving Experience (FWDE) 2015 adalah Levi Rally Center.

Levi Rally Center itu begitu luas dan saat musim salju seperti sekarang ini, seluruh wilayahnya dipenuhi oleh salju. Beruntung detikOto bisa bertemu dengan pemilik Levi Rally Center, sehingga bisa mengetahui lebih jelas lagi tentang tempat balapan mobil itu.

Yup, Owner dari Levi Rally Center itu adalah Jani Ylipahkala. Pria yang masih berumur 36 tahun itulah yang memiliki tempat sarana balapan mobil di Levi, Finlandia.

Jani panggilan akrabnya menuturkan, luas dari Levi Rally Center itu kurang lebih 500 hektar atau seluas 400 kali lapangan bola. Setiap tahunnya banyak disewa oleh beberapa perusahaan khususnya otomotif seperti Porsche yang melakukan program Porsche Driving Experience.

"Saya mulai membuka Levi Rally Center ini sejak tahun 2006 dan Porsche mulai menyewa tempat ini sejak tahun 2014 lalu dan dalam 1 tahun hanya menyewa 2,5 bulan yakni di Januari sampai pertengahan Maret," tutur Jani.

Sejak ia membuka tempat ini, luasnya belum mencapai 500 hektar. Tapi luas yang ia miliki sekarang itu terjadi dalam beberapa tahun. Melihat perkembangannya yang begitu pesat dan juga banyak tanah kosong, ia memutuskan untuk terus memperluas arenanya.

"Di sini banyak tanah kosong dan murah. Itu karena Finlandia itu hanya memiliki jumlah penduduk sebanyak 5 juta orang," katanya.

Selain disewakan, ia juga membuka kesempatan kepada warga lokal atau para turis untuk bisa merasakan duduk sebagai penumpang di mobil balap GT3. Jadi, jika ada yang berminat bisa datang langsung ke Levi Rally Center dan nanti bisa merasakan ganasnya mobil balap GT3 yang langsung dikemudikan oleh Jani.


0 comments:

Post a Comment