Friday, February 27, 2015

Selain Masalah Pabrik, Menperin Juga Pikirkan Soal Pegawai GM

Selain Masalah Pabrik, Menperin Juga Pikirkan Soal Pegawai GMBekasi - Setelah pabrik Chevrolet Spin tutup, General Motors (GM) kembali akan memiliki pabrik baru di Indonesia. Namun kali ini, GM akan menggandeng pabrikan asal Tiongkok, SAIC-Wuling untuk memproduksi model Multi Purpose Vehicle (MPV) baru.

Namun, apakah pabrik GM-SAIC-Wuling itu akan menggunakan pegawai pabrik GM di Pondok Ungu, Bekasi?

Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Saleh Husin mengaku sampai saat ini pihaknya belum mendapat kejelasan mengenai nasib tenaga kerja di pabrik GM Pondok Ungu itu. Untuk itu, pihaknya akan membahas hal tersebut saat berdiskusi dengan GM Indonesia.

"Tetap kami akan ngecek bagaimana dengan karyawannya. Apakah nanti akan dipindahkan ke pabrik yang baru," ujar Saleh kepada para wartawan usai prosesi pelepasan ekspor Suzuki Address di pabrik Suzuki Tambun, Bekasi, Jumat (27/2/2015).

Menurutnya, pabrik tersebut siap berdiri dalam waktu dekat. Setidaknya tahun 2016-2017 pabrik GM-Wuling sudah mulai memproduksi.

"Menurut informasi mereka akan secepatnya. Mereka akan mulai mungkin di 2016 2017. Lahan mereka sudah bebasin. Memang dalam membangun pabrik tentu membutuhkan waktu," ujarnya.

Namun, apakah Chevrolet Spin akan diproduksi di pabrik baru GM-SAIC-Wuling, Saleh mengatakan kemungkinan akan terpisah. Soalnya, pabrik GM-Wuling itu akan fokus ke model MPV hasil kerja sama dua pabrikan tersebut.


0 comments:

Post a Comment