Saturday, March 28, 2015

BMW akan Kembangkan Mesin Konfigurasi W untuk Motor

BMW akan Kembangkan Mesin Konfigurasi W untuk MotorMunich - Bayerische Motoren Werke (BMW) Mottorad dikabarkan tengah mengembangkan mesin berkonfigurasi W yang biasanya dipakai untuk mobil, akan digunakan untuk motor. Bahkan, pabrikan itu disebut telah mamatenkan inovasi teknologi itu.

Seperti diwartakan Autoevolution, Sabtu (28/3/2015), mesin berkonfigurasi W itu menggunakan basis mesin berkonfigurasi V. Namun, karena ditambhi sebuah silinder yang ditempatkan persis di tengahnya, maka jadilah konfigurasi menyerupai huruf W.

Jika dipasang di motor, posisi Mesin itu akan sejajar dengan kerangka kendaraan tersebut. Walhasil lebih praktis dan efisien dari segi tempat.

Dari gambar yang bocor ke sejumlah media diketahui, distribusi mesin W itu digerakkan oleh pushrods. Gerakannya tidak menggunakan konfigurasi yang sejajar tapi konfigurasi mesin diagonal.

Pushrods sendiri dinilai sangat cocok digunakan oleh sepeda motor jenis classic cruiser, dan bahkan teknologi lama ini masih bisa digunakan untuk jenis motor tertentu. Bahkan para peggemar motor lawas seperti R1200C akan menemukan kembali mesin konfigurasi W yang mereka kagumi.

Hanya, soal perawatan bakal menjadi persoalan tersendiri. Oleh karena itu, mesin ini masih dinilai rapuh. Kendati begitu, BMW tentunya tak gegabah sebelum memproduksi mesin tersebut, serangkaian penyempurnaan dan pengembangan tentu akan terus dilakukannya.


(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment