Wednesday, May 20, 2015

Bengkel Resmi Punya TAM di Sunter Terima Servis Mobil yang Dibeli di IU

Bengkel Resmi Punya TAM di Sunter Terima Servis Mobil yang Dibeli di IUJakarta - Importir Umum (IU) memang tidak menjamin layanan purna jual seperti servis berkala dan penggantian suku cadang. Namun, PT Toyota Astra Motor (TAM) mau menerima layanan servis mobil Toyota dan Lexus yang dibeli di IU.

Mobil itu bisa diservis di bengkel satu-satunya di bawah PT TAM. Bengkel itu ada di kantor pusat TAM di Jl Gaya Motor Selatan No. 5 Sunter II Jakarta Utara.

"Kami menerima mobil Toyota dan Lexus apapun. Tapi kalau mobil yang bukan jualan kami (PT TAM) ada perbedaannya," ucap General Repair Service Manager Workshop Department Technical Service Division PT TAM, Iwan Abdurrahman saat ditemui di kantornya, Rabu (20/5/2015).

Perbedaannya, lanjut Iwan, ada pada harganya. Harga servis mobil Toyota dan Lexus yang dijual di luar diler resmi lebih mahal daripada mobil yang dibeli di diler resmi Toyota dan Lexus.

"Beda harga. Perbedaannya variasi ada yang 50 sampai 75 persen. Karena nunggu sparepart lama. Kita harus kontak TMC (Toyota Motor Corporation sebagai principal Toyota global) untuk meminta sparepart. Servis ini juga butuh effort besar dari kita," jelas Iwan.

Di bengkel ini, TAM menyediakan lift untuk mengangkat mobil seberat 6 ton. Padahal, mobil yang dijual TAM tidak ada yang beratnya sampai 6 ton.

"Ada lift khusus yang bisa ngangkat mobil 6 ton. Mobil yang dijual TAM enggak ada yang 6 ton. Misalnya Land Cruiser punya Dubes Inggris yang anti peluru ini, dia cuma bisa servis di sini, karena enggak ada bengkel yang bisa ngangkat 6 ton," ujar Iwan.

Ditemui di lokasi yang sama, GM Corporate Planning and Public Relation PT Toyota Astra Motor (TAM), Widyawati Soedigdo juga mengatakan, pemilik mobil yang membeli mobil di luar diler resmi Toyota dan Lexus harus membayar jasa lebih mahal. Sebab, kata wanita yang akrab disapa Wiwid itu, pihaknya tidak bisa menjamin ketersediaan suku cadang.

"Pada dasarnya kita menerima semua mobil Toyota dan Lexus. Cuma semua ada konsekuensinya. Implikasinya kita tidak bisa menjamin partnya ada. Jadi kita keharus hubungin TMC dulu," jelas Wiwid.

Lalu, bagaimana dengan Alphard dan Vellfire yang dibeli di IU mengingat TAM secara resmi juga menjual kedua mobil itu?

"Alphard juga sama. Kita tidak bisa menjamin ketersediaan sparepart. Karena masing-masing Alphard kodenya beda. Kita harus cocokkan frame number ke TMC untuk meminta sparepart," jawab Wiwid.

0 comments:

Post a Comment