Wednesday, May 20, 2015

Rem Pakem yang Mengunci Roda Justru Berisiko Tinggi

Rem Pakem yang Mengunci Roda Justru Berisiko TinggiJakarta - Mungkin masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa rem yang mengunci adalah rem pakem dan bisa memberhentikan kendaraan dengan sempurna. Padahal tidak, justru hal itu berbahaya bagi pengendaranya.

"Kalau rem mengunci pakem memang. Tapi roda kehilangan grip," jelas GM Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi di acara Journalist Workshop di kantor pusat PT TAM, Sunter, Jakarta, Rabu (20/5/2015).

Makanya, pabrikan otomotif mulai menanamkan fitur Anti-lock Brake System (ABS) di produk-produknya. Dadi menjelaskan, dengan fitur ABS, roda tidak akan mengunci saat direm mendadak.

"Fungsi ABS saat direm roda tidak bakal terkunci saat diinjak mendadak," kata Dadi.

"Pertanyaannya adalah ABS menjamin jarak pengereman lebih pendek? Tidak. Tapi ABS lebih mementingkan untuk menghindari tabrakan," lanjutnya.

Dadi menambahkan, dengan fitur ABS, ban mobil tidak akan terkunci jadi pengemudi masih dapat mengontrol mobil jika harus mengerem mendadak. Hal itu dilakukan untuk menghindari tabrakan dengan obyek di depannya.

"Kalau tanpa ABS saat direm mendadak dia bisa lurus terus walaupun setir sudah dibelokkan untuk menghindari tabrakan. Jadi enggak bisa menghindari tabrakan," ujar Dadi.



(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment