Saturday, June 27, 2015

Audi Bikin Kendaraan Listrik Penjelajah Bulan

Audi Bikin Kendaraan Listrik Penjelajah BulanIngolstadt - Pabrikan asal Jerman, Audi AG, menggandeng sejumlah insinyur Jerman dalam sebuah tim yang dinamai Part-Time Scientists, membuat kendaraan baru untuk menjelajah di bulan. Mobil listrik Lunar Quattro yang diperkenalkan dalam kompetisi Google Lunar XPRIZE itu rencananya diluncurkan ke bulan pada 2017 mendatang.

Dalam siaran pers Audi, mobil listrik itu kerangka dan bodinya terbuat dari bahan aluminum. Dia menyandang empat motor listrik yang berbaterai ion lithium.

Untuk mengisi baterai, mobil ini juga dilengkapi panel surya untuk menangkap sinar matahari dan diubah menjadi energi listrik dan disimpang di baterai.

Secara teori, mobil itu mampu berjalan di permukaan bulan dengan kecepatan 3,6 km/jam. Semabri berjalan, dia akan merekam sebuah kejadian dan benda yang ditemuinya di permukaan bulan. Untuk itu, Audi dan tim itu melengkapinya dengan dua buah kamera stereoskopis. Hasil rekaman itu kemudian dikirim ke bumi.

Mobil itu akan diangkut oleh sebuah roket ke bulan, dengan menempuh perjalanan lebih dari 380 ribu kilometer. Perjalanan yang diperkirakan memakan waktu lima hari itu akan berakhir di bagian utara kahtulistiwa bulan.

Lokasi pendaratan tersebut berada di dekat tempat mendarat Apollo 17 saat pesawat itu mendarat di bulan.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment