Saturday, June 27, 2015

Desain Macan Dijiplak, Porsche Siap Gugat Pabrikan Tiongkok

Desain Macan Dijiplak, Porsche Siap Gugat Pabrikan TiongkokStuttgart - Pabrikan asal Tiongkok, Zotye Automobile telah membuat tiruan dari Porsche Macan. Zotye T700, mobil yang desainnya mirip dengan Porsche Macan itu bakal segera dijual tahun depan.

Seperti dilansir Worldcarfans dari media Jerman, Minggu (28/6/2015), meski segera menjual mobil itu di tahun depan, Zotye tampaknya akan menghadapi tindakan Porsche. Karena desain Macan dijiplak, Porsche bakal mengambil langkah lebih lanjut.

Pabrikan yang berbasis di Stuttgart, Jerman itu telah memutuskan untuk mengambil tindakan hukum terhadap Zotye Automobile. Jadi, langkah Zotye untuk menjual jiplakan Porsche Macan siap-siap dijegal.

Namun tampaknya, kemungkinan Porsche menghentikan Zotye untuk menjual T700 sangat tipis. Sebab, hukum di Tiongkok tentang pencurian kekayaan intelektual belum sempurna.

Di Tiongkok, tiruan Porsche Macan dijual mulai 170.000 yuan atau setara dengan Rp 364 jutaan. Padahal Porsche Macan di Tiongkok jauh lebih mahal dengan banderol 558.000 yuan (Rp 1,19 miliar).

Sebelumnya, Land Rover juga merasakan hal yang sama dengan Porsche. Desain Range Rover Evoque juga dijiplak oleh pabrikan asal Tiongkok, LandWind dengan model X7.

Tapi, Land Rover tidak ingin menuntut LandWind mengingat hukum pencurian kekayaan intelektual yang belum sempurna di Negeri Tirai Bambu itu. Sebab, pabrikan asal Inggris itu tahu bahwa menuntut LandWind adalah tindakan yang sia-sia.



(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment