Thursday, October 8, 2015

Gaikindo: Belum Ada PHK di Otomotif

Gaikindo: Belum Ada PHK di OtomotifJakarta - Isu Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada industri otomotif menyeruak. Hal itu menyusul lesunya kondisi perekonomian di Indonesia dan menguatnya kurs dolar terhadap rupiah yang berdampak pada pasar di bidang otomotif.

Penjualan pada periode Januari-Juli 2015 hanya mencapai 581.941 unit. Padahal pada periode yang sama tahun lalu, angka penjualan tembus 733.444 unit. Turunnya angka penjualan dapat mengakibatkan pemangkasan jumlah karyawan di pabrikan otomotif.

Sebelumnya dikabarkan pula mayoritas agen tunggal pemegang merek (APTM) mengurangi jam kerja sebagai siasat terjadinya PHK.

Tetapi untuk soal PHK, hal itu ditepis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor atau Gaikindo. Noegardjito selaku Sekretaris Jenderal Gaikindo membeberkan bahwa pihaknya sampai saat ini belum menerima laporan terkait PHK yang dilakukan oleh perusahaan otomotif Indonesia.

"Belum ada soal PHK. Belum ada yang melapor ke kami. Kalau ada PHK kami pasti tahu," beber Noegardjito.

Soal target penjualan, jelang menutup tahun 2015 ini Gaikindo pun berujar masih menargetkan di angka 950 ribu hingga 1 juta unit. Pada triwulan I 2016 mendatang, Gaikindo baru melakukan sejumlah evaluasi.

"Saat ini (target penjualan) masih 950 ribu - 1 juta unit. Triwulan I tahun depan baru kami evaluasi," pungkasnya.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment