Monday, October 26, 2015

Nissan Perkenalkan Konsep Mobil Otonom Leaf Piloted Drive 1.0

Nissan Perkenalkan Konsep Mobil Otonom Leaf Piloted Drive 1.0Tokyo - Nissan telah memperkenalkan konsep baru yang disebut Leaf Piloted Drive 1.0. Mobil berteknologi otonom ini menyoroti kemajuan teknologi self-driving yang dibuat oleh teknisi Nissan.

Seperti dilansir Leftlanenews, Selasa (27/10/2015), Nissan Leaf Piloted Drive 1.0 merupakan tindakan lebih lanjut dari konsep semi otomom Leaf yang dipamerkan pada 2013 lalu. Kali ini, Nissan mengadopsi teknologi otonom penuh pada konsep ini.

Konsep Piloted Drive 1.0 terbaru ini memanfaatkan lima radar, 12 kamera, empat pemindai laser dan sejumlah sensor ultrasonik yang membantu mobil ini memindai gambar digital di sekelilingnya.

Semua perlengkapan itu memungkinkan konsep ini bisa mengubah jalur di tengah lalu lintas padat, masuk ke jalan bebas hambatan dan menyalip mobil lain tanpa tidnakan dari pengemudinya.

Jika dilihat dari bagian luar, Piloted Drive 1.0 tampak seperti Nissan Leaf standar. Sayang, Nissan masih belum mau membocorkan spesifikasi teknis. Namun, kemungkinan Piloted Drive 1.0 ini menggunakan motor listrik bertenaga 107 daya kuda yang ada pada Nissan Leaf.

Konsep ini sedang diuji di Advanced Technology Center yang dioperasikan Nissan di pinggiran kota Tokyo, Jepang. Diperkirakan, Nissan akan menguji konsep ini di jalanan umum setelah sudah setingan sudah cocok.

Nissan memprediksi akan meluncurkan teknologi semi otonom dalam waktu yang tidak terlalu lama. Pabrikan asal Jepang itu mengharapkan bakal menjual mobil otonom sepenuhnya pada tahun 2020.


(rgr/lth)

0 comments:

Post a Comment