Monday, December 21, 2015

Tekan Harga, Husqvarna Akan Produksi Motor di India

Tekan Harga, Husqvarna Akan Produksi Motor di IndiaNew Delhi - Anak perusahaan KTM, Husqvarna â€Â" yang selama ini dikenal sebagai produsern motor off-road - berniat memproduksi sepeda motor versi jalan raya di India. Negera itu dipilih sebagai basis produksi motor karena proses produksi lebih murah, sehingga motor bisa bersaing di pasar global.

Seperti dilaporkan Motor Octane, Selasa (22/12/2015), dipilihnya India sebagai basis produksi bukanlah secara kebetulan. Hal ini terkait dengan induk perusahaan, yakni Bajaj Auto Chakan yang merupakan pemilik 48 persen saham KTM.

Proses produksinya juga akan dilakukan di pabrik milik Bajaj Auto yang terletak di Pune. Adapun untuk mesin, pada tahap awal, masih akan didatangkan dari pabrik mesin KTM yang berada di India. Kabarnya, mesin buatan pabrik itu juga akan dijual ke Eropa dan Amerika pada 2017 nanti.

Setelah itu, mesin akan diproduksi di negara-negara berkembang termasuk India. Adapun motor Husqvarna buatan India itu nantinya mengusung mesin 125 cc dan 390 cc. Mesin tersebut persis seperti yang diusung model Husqvarna yang saat ini beredar di pasaran.

" Untuk tahap awal, kami mendapatkan mesin dan komponen untuk mendapatkan model (motor) yang dibuat di Chakan (India) . Kemudian, setelah itu, India bisa menjadi bagian dari rencana produksi. Proses ini langkah-demi-langkah,” papar Chief Executive KTM, Stefan Pierer.

Pabrikan asal Austria itu menilai proses produksi di India itu memiliki banyak kuntungan karena biaya proses produksi lebih murah. Walhasil, KTM bisa mengekspor motor dengan mesin di bawah 500 cc, termasuk 125, 200, dan 390 cc.

"Menurut pendapat saya, Bajaj adalah produsen yang paling efisien dan membantu kami membuat produk KTM lebih kompetitif di negara berkembang. Bersama-sama, kami bisa menncapai kualitas yang bagus dan produk kami terjual secara global,” tutur Pierer.



(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment