Friday, January 15, 2016

Demi Mobil Otonom, Pemerintahan Obama Gelontorkan Dana USD 4 Miliar

Demi Mobil Otonom, Pemerintahan Obama Gelontorkan Dana USD 4 MiliarCalifornia - Pemerintahan Obama mengajukan pengadaan dana hingga USD 4 miliar, untuk mempercepat pengembangan mobil otonom. Diharapkan, mobil otonom segera meramaikan jalanan Amerika.

Akan tetapi usulan yang diajukan Obama ini harus mendapatkan persetujuan dari kongres. Demi memiliki payung hukum yang pasti agar mobil otomatis bisa beraktivitas, seperti dilansir Wall Street Journal, Jumat (15/1/2016).

Tidak hanya agar mobil otonom bisa beraktivitas. Pemerintahan Obama juga mempersiapkan suatu program percontohan untuk pengujian 'Connected Vehicles'. Sehingga mobil yang bisa berkomunikasi satu dengan yang lainnya terwujud. Dan program ini bakal menghabiskan d ana hingga USD 3,9 juta.

Memang belum jelas apakah proposal ini disetujui atau tidak, dan kapan akan teralisasi. Akan tetapi dikabarkan dalam waktu 6 bulan ke depan dikatakan pihak kongres Amerika Serikat akan mengumumkan mengenai kebijakan mengenai mobil otomatis.

Karena pihak kongres pun menilai, kurang jelasnya payung hukum dari pemerintah menjadi salah satu hambatan bagi produsen melahirkan mobil otomatis.

"Kendaraan otomatis membuka peluang untuk menghemat waktu, menyelamatkan nyawa dan hemat bahan bakar," kata Menteri Transportasi Amerika Serikat, Anthony Foxx.

Selain meningkatkan keselamatan, Foxx juga mengatakan mobil driverless bisa mengurai kemacetan dan diharapkan melahirkan penduduk eksplosif.
(lth/rgr)

0 comments:

Post a Comment