Friday, January 15, 2016

Industri Motor Optimistis Penjualan Tahun Ini Meningkat

  Industri Motor  Optimistis Penjualan Tahun Ini MeningkatJakarta - Berbeda dengan perkiraan sebelumnya, kalangan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) optimistis penyerapan produk oleh pasar pada 2016 ini akan meningkat dibanding tahun lalu. Telah cairnya dana desa tahap ketiga dan realisasi proyek investasi swasta dan pemerintah diyakini menjadi pemicunya.

"Secara pribadi saya melihat sudah ada dampak positif berupa penyerapan tenaga kerja setelah dana desa cair. Begitu juga dengan investasi swasta dan pemerintah di sektor infrastruktur," tutur Ketua Bidang Komersial AISI, Sigit Kumala, kepada detikOto, di Jakarta.

Dengan gelontoran dana-dana itu berikut realisasinya dalam kegiatan produktif, akan menimbulkan p ermintaan konsumsi mulai dari pangan hingga barang-barang. Begitu pun dengan sektor jasa. Walhasil ekonomi pun bergerak.

Bergeraknya perekonomian yang membawa dampak terjadinya peningkatan daya beli, diyakini bakal memunculkan permintaan barang konsumsi termasuk motor.

"Tapi seberapa peningkatan (permintaan) dibanding tahun lalu, belum bisa diprediksi. Yang pasti, di semester pertama ini permintaan sudah akan terjadi. Beda dengan 2015, saat itu semester pertama masih sepi permintaan," papar Sigit.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) memperkirakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun bakal mencapai 5,5 persen. Pertumbuhan sebesar itu dipicu sejumlah faktor, antara lain membaiknya ekonomi di negara-negara emerging market dan kebijakan reformasi ekonomi oleh pemerintah.

Adapun penjualan sepeda motor â€ÂÂ" di pasar domestik Indonesia atau tanpa ekspor-sepanjang 2015 lalu mencapai 6,48 juta lebih. Padahal, penjualan tahun sebelumnya sebanyak 7,8 juta unit.



(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment