Friday, January 15, 2016

Ilia Iryani Shuib, Stuntwoman Malaysia

Ilia Iryani Shuib, Stuntwoman MalaysiaKuala Lumpur - Seiring berkembangnya zaman, para wanita modern semakin bisa mengeksplor diri. Mereka bisa menggali potensi-potensi di dalam diri walaupun terkadang hal tersebut tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Seperti yang dilakukan oleh Ilia Iryani Shuib, hijabers Malaysia pertama yang jago melakukan akrobat motor.

Ilia dikenal bekerja sebagai stuntwoman yang biasa menggantikan pemeran utama saat melakukan adegan membahayakan di film-film action. Ia juga merupakan satu-satunya wanita dan berhijab di Movie Animation Park Studios' (MAPS) Stunt Training Academy, Perak, Malaysia. Dengan mengikuti kelas di MAPS maka Ilia bisa mendapatkan sertifikat sebagai stuntwoman yang terakreditasi secara in ternasional.

Dilansir dari Asia One, Ilia mengaku tak pernah berpikir akan menjadi pemain akrobat motor sebelumnya. Ia tidak pernah memiliki passion di bidang tersebut. Namun wanita yang lulus dari jurusan biologi kelautan di Universiti Sains, Penang, Malaysia itu bisa berubah haluan karena ia tidak pernah menyia-nyiakan kesempatan apa pun yang diberikan kepadanya.

Wanita 29 tahun ini bercerita bahwa ia merupakan tipe orang yang tidak pernah membuang peluang di depannya, termasuk ketika ditawari menjadi seorang akrobat motor. Ilia percaya bahwa wanita memiliki kemampuan yang luar biasa dan bisa melakukan apa saja asalkan fokus.

Tawaran menjadi seorang stuntwoman berawal ketika ia ditunjuk sebagai salah satu pengurus acara kampus. Kala itu Ilia harus mencari sponsor, salah satunya perusahaan suku cadang sepeda motor, RK-M.

Setelah bertemu dengan perwakilan dari perusahaan tersebut, Ilia tak hanya berhasil mendapatkan sponsor tapi juga dita wari untuk belajar melakukan akrobat dengan motornya. Ia sempat bimbang karena belum pernah melakukan hal itu sebelumnya namun akhirnya memutuskan untuk mencobanya.

"Dia (representatif dari RK-M) menawarkan untuk melatihku dalam beberapa minggu rupanya aku benar-benar bisa melakukan gerakan stunt dasar. Dia terkesan dan memintaku untuk bergabung dengan timnya, aku pun setuju. Aku tidak tahu mengapa aku langsung setuju. Aku pikir aku sudah bisa mengendarai motor sejak berusia 18 tahun tapi hanya untuk berpergian bukan melakukan akrobat," cerita wanita yang kini sudah 11 tahun menjadi stunt riding.



Ilia saat ini sudah menguasai beragam aksi dengan sepeda motor seperti stoppie atau front wheelie, di mana roda belakang terangkat dengan memainkan rem depan. Ia juga bisa mengendarai motor dengan roda depan terangkat atau disebut wheelie.

Tidak hanya itu, aksi lain yang telah dikuasainya yakni burnout, roda belakang diputar 360 derajat dan menimbulkan asap.


Karena telah menguasai beberapa teknik, Ilia juga dipercaya untuk bermain dalam beberapa film action lokal. Ia juga pernah terlibat dalam film layar lebar berjudul 'Adnan Sempit 2' sebagai pemain pengganti saat melakukan akrobat motor.

"Stunt riding kini menjadi passion-ku. Apa yang lebih baik dari berkarier sesuai passion? Aku yakin aku bisa melakukannya. Aku mau belajar dan berlatih keras sampai aku bisa menjadi yang terbaik," papar Ilia.

Kini Ilia sedang fokus mengikuti pelatihan di Stunt Academy milik stuntman populer asal Australia Cameron Ambridge yang sering bermain dalam film Hollywood seperti 'Mad Max: Fury Road'.

Cameron mengatakan Ilia memiliki kemampuan yang baik dan bisa menjadi stuntwoman profesional. Ia juga bisa belajar dengan cepat. "Ilia belajar cepat dan mendengarkan setiap sesinya dengan baik. Dengan itu ia bisa menjadi seorang akrobat motor yang profesional," tambah Ilia.
(ays/ddn)

0 comments:

Post a Comment