Tuesday, January 5, 2016

Keren, SIM Tak Lagi Kartu, Tapi Aplikasi di HP Anda

Keren, SIM Tak Lagi Kartu, Tapi Aplikasi di HP AndaIowa - Surat Izin Mengemudi (SIM) wajib Anda bawa saat nyetir. Jika saat ini, SIM berupa kartu fisik di dompet, ke depan, SIM bisa menjadi sebuah aplikasi di telepon Anda!

Bayangkan, Anda ditilang polisi di jalanan. Saat Anda menepi, HP anda mengeluarkan peringatan, meminta izin Anda untuk memperlihatkan SIM pada petugas polisi di HP milik polisi.

Anda pindai sidik jari Anda, dan kemudian Anda bisa membayar denda tilang langsung dari HP. Petugas polisi pun tak perlu repot-repot mengeluarkan surat tilang.

Itulah skenario proses penilangan model baru yang akan diterapkan di Iowa, Amerika Serikat. Departemen Transportasi Iowa mengeluarkan investasi sampai US$ 40.000 untuk menciptakan sistem SIM online ini.

Total ada 15 karyawan yang menjadi pilot program 'mobile driver's license' atau mDL. Aplikasi iOS ini seperti dilansir Car And Driver memperlihatkan SIM virtual yang bisa diputar seperti halnya foto biasa.

Diharapkan dengan SIM mobile tersebut bisa mengurangi biaya produksi yang harus dikeluarkan pemerintah setempat. Potensi korupsi juga bisa dieliminasi.

"Kami bisa membuat transaksi yang lebih dipercaya," ujar Direktur Departemen Transportasi Iowa untuk Divisi Kendaraan Bermotor Mark Lowe..

Tapi meski keren idenya, bukan berarti tidak ada hambatan, baterai HP yang mati, atau jaringan yang buruk serta pencurian identitas pengguna menjadi tantangan untuk para pengembang mDL.

"Nanti pasti ada saja orang yang memilih tidak menggunakan SIM seperti ini, kartu SIM tidak akan hilang begitu saja," komentar Wakil Presiden MorphoTrust Jenny Openshaw.

Bagaimana menurut Otolovers?



(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment