Tuesday, January 5, 2016

Terjebak Hydroplaning Saat Hujan? Lakukan Cara Ini

Terjebak Hydroplaning Saat Hujan? Lakukan Cara IniJakarta - Sesaat setelah air hujan turun dari langit dan mengenag di jalanan kerap menjadikan ban mobil seolah terangkat karena daya cengkeram ban berkurang. Perlu trik dan strategi khusus agar laju mobil tak slip dan celaka menghadapi fenomena yang disebut hydroplaning tersebut.

Sebuah trik khusus yang dilansir laman Defensive Driving Inggris, Selasa (5/1/2016) menyebut, jika Anda terjebak dalam sitausi seperti itu, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah jangan panik. “Tetap tenang dan fokus ke mobil dan waspada terhadap kondisi jalan,” tulis laman itu.

Selanjutnya, tindakan apa yang harus dilakukan? Memperlambat kecepatan mobil dan menurunkan posisi gigi gear dan jangan mengerem dengan tiba-tiba. Jika harus melakukan pengereman lakukan dengan lembut ,a namun terus menekan pedal rem.

Mengerem, secara tiba-tiba saat mobil melaju cukup kencang - khususnya mobil yang belum dilengkapi Antilock Braking System (ABS) - bisa menyebabkan ban belakang terkunci. Akibatnya, laju mobil melenceng atau tergelincir. Hal itu tentu membahayakan, terutama jika di depan, samping, atau belakang ada kendaraan lain.

Jika mobil yang Anda kemudian merupakan mobil berpenggerak roda depan atau belakang yang dilenghkapi fitur ABS dan cruise control, maka Anda bisa lebih mudah untuk bermanuver menjadi tempat yang kosong dan bebas hydroplaning. Caranya, aktifkan terlebih dulu fitur cruise control.

Setelah itu lakukan pengereman . Kemudian, arahkan mobil ke tempat kosong yang akan dituju. Namun ingat jangan menginjak pedal terlalu dalam dan tetap mengontrol lingkar kemudi mobil untuk memastikan arah laju mobil tak melenceng.

Satu hal yang harus dipahami, untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu Anda harus menghadapi sitausi ini adalah, memastikan tingkat ketebalan ban mobil. Caranya cukup gampang, ambilah uang koin, kemudian masukan ke celah ukiran di tapak ban.

Jika koin tersebut lebih dari setengahnya masuk, maka ketebalan ban masih sangat bagus. Jika masih sepertiga lebih sedikit, artinya ban masih cukup oke. Sedangkan jika kurang dari sepertiga, maka Anda harus waspada.

Sementara, jika tiba-tiba Anda memasuki lintasan basah di saat mobil melaju kencang, maka kurangi kecepatan tersebut hingga sepertiganya.



(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment