Friday, February 26, 2016

Toyota Perkirakan Pangsa Pasar SUV Tahun Ini Naik Lagi

Toyota Perkirakan Pangsa Pasar SUV Tahun Ini Naik LagiJakarta - Setelah meluncurkan All New Toyota Fortuner pada 22 Januari lalu, Jumat (25/2/2016), PT Toyota Astra Motor (TAM) meggelontorkan varian anyar Toyota Rush. Langkah ini didasari optimism pasar Sport Utility Vehicle (SUV) tahun ini bakal naik dari 7 menjadi 9 persen.

“Potensi pasar segmen ini cukup besar. Mudah-mudahan tahun ini bisa meningkat menjadi 8 atau bahkan 9 persen,” kata Vice President TAM, Henry Tanoto, di sela peluncuran Toyota Rush TRD Sportivo 7 dan TRD Sportivo Ultimo, di Jakarta, kemarin.

Henry menyebut kontribusi segmen SUV terhadap total pasar otomotif sepanjang 2014 masih sebesar 4 persen. Namun setahun kemudian, atau 2015, kontribusinya telah meningkat menjadi 7 persen.

Sementara, lanjut dia, pada segmen SUV, kelas SUV medium yang terbanyak terserap oleh pasar. Bahkan, fenomena seperti ini sudah terlihat sejak 1995.

Menurutnya, antara 1995 hingga 2006, rata-rata penjualan SUV jenis itu telah mencapai 14.000 unit per tahun. “Fakta itulah yang kemudian dilihat sebagai kesempatan oleh Toyota untuk menghadirkan berbagai kendaraan yang sesuai dengan kondisi (jalanan) Indonesia dan berdesain modern serta berkarakter real SUV. Maka, Desember 2006 lahirlah Toyota Rush,” paparnya.

Hasilnya cukup tokcer. Lonjakan penjualan SUV Toyota sepanjang rentang tahun 2006 â€Â" 2007 terbanyak disumbangkan oleh SUV anyar itu. Jika sebelumnya 3.000 unit menjadi 30.000 unit.

Moncernya penjualan SUV diperkirakan juga bakal terjadi tahun ini dan tahun-tahun mendatang. Selain perekonomian yang membaik, penyerap potensial kendaraan jenis ini â€Â" yakni kalangan usia muda â€Â" jumlahnya banyak.

“Selain faktor gaya hidup, juga kebutuhan berdasar kondisi infrastruktur jalanan di Indonesia yang juga tidak lepas dari cuaca menjadi alasannya. Terlebih, gaya desain, kenyamanan dan keamanan yang disajikan SUV saat ini juga sesuai dengan harapan konsumen,” tutur Henry.

Dia mengatakan, sebelum meluncurkan SUV Toyota Rush untuk pertama kali pada 2006, pihaknya melakukan survei. Hasilnya, 70 persen orang menginginkan kendaraan yang tangguh, macho, dan sesuai dengan kondisi jalanan atau alam Indonesia.

Berikutnya dilakukan survei lagi hasilnya menginginkan kendaraan yang sama, tetapi dengan tampilan yang lebih bergaya tetapi berkapasitas penumpang yang lebih.

Bahkan pada survey tahun-tahun selanjutnya masih menginginkan kendaraan dengan karakter yang sama dengan tambahan kenyamanan dan keamanan yang lebih.

“Maka lahirlah RUSH TRD Sportivo 7 dan TRD Sportivo Ultimo. Ini untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen,” imbuh Henry.


(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment