Thursday, March 3, 2016

Mobil Jatuh dari Parkiran, Polda : Itu Human Error

Mobil Jatuh dari Parkiran, Polda : Itu Human ErrorJakarta - Mengendarai mobil dengan transmisi matik memang lebih mudah. Namun jika tidak menguasai teknik dengan benar, bakal beresiko menimbulkan kecelakaan.

Salah satu kasus kecelakaan yang terjadi yakni Honda Jazz yang menabrakan tembok off ramp parkiran di Depok Town Square. Pengemudi mobil tersebut tewas seketika.

Dijelaskan Instruktur Senior Indonesia Defensive Driving Center, Adrianto Sugiarto terkait kasus tersebut biasanya jarak mobil dekat dengan tembok saat memarkir.

Dinilai pengemudi terbiasa mengganti tuas pedal dari posisi P atau parkir ke posisi R (Reverse) atau mundur.

"Kalau kasus kemarin yang nabrak kadang-kadang kan parkir itu mepet di batas tembo k. Nah sepertinya dia dari posisi P langsung ke R. harusnya kan tiga kali turun baru ke posisi D. Begitu dia gas langsung nabrak," kata Adrianto, Kamis (3/3/2016).

Sementara Kepala Sesi Pendidikan dan Masyarakat Ditlantas Polda Metro Jaya, Yovanka Mamonto mengatakan kecelakaan Honda Jazz tersebut terjadi akibat human error.

Pengemudi saat itu panik dan tidak terlalu menguasai cara berkendara dengan baik. Alhasil kecelakaan pun tidak dapat dielak.

"Itu faktor manusia. Dia panik. Sering jatuh memang mobil yang matik karena dia tidak menguasai bagaimana cara berkendaa. Kalau matik pas nge-gas  kaget pasti dia langsung terjun. Untuk pengguna matik harus lebih waspada dan lebih menguasai cara berkendara matik," ujar Yovanka.
(nkn/lth)

0 comments:

Post a Comment