Monday, April 11, 2016

Pakai Baterai Lithium, Mobil Listrik Mahasiswa UGM Bisa Tempuh 40 Km

Pakai Baterai Lithium, Mobil Listrik Mahasiswa UGM Bisa Tempuh 40 KmJakarta - Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia memamerkan mobil-mobil listrik karyanya di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) juga menampilkan mobil listrik yang menggunakan baterai lithium dan motor 2 kilowatt (kW).

Luqman Adi Prasetya dari tim Arjuna UGM mengatakan, mobil listrik dengan kapasitas satu awak ini dikembangkan untuk mengikuti lomba nasional. Mobil listrik ini menggunakan motor 2 kW dan baterai lithium.

"Di spek lomba, mobil itu pakainya maksimal 2 kW, 48 volt. Kemudian baterainya pakai baterai lithium. Konsep yang kami pakai itu pengembangan di bagian kontroler dan bat tery management system, buat riset mahasiswa," kata Luqman kepada detikOto di arena IIMS 2016.

Mobil ini dikembangkan oleh tim Arjuna UGM. Satu tim terdiri dari 20 orang. Di ajang Kompetisi Mobil Listrik Nasional (KMLI), tim Arjuna UGM meraih tujuh prestasi dari 2013 hingga 2015.

"Pengembangan dua tahun. Motor listriknya kami impor dari China, baterainya Samsung," jelas Luqman.

Dia mengatakan, timnya menggunakan baterai lithium untuk mengurangi bobot mobil. Dengan bobot yang lebih ringan, maka efisiensi makin maksimal.

"Kami pakai baterai lithium buat reduksi berat. Tahun 2014 itu beratnya 200 kg, ini 130 kg. Lebih efisien daripada pakai baterai aki," katanya.

Mobil listrik im Arjuna ini bisa menempuh jarak hingga 40 kilometer (km). Kecepatan maksimalnya bisa mencapai 65 km/jam.

"Jarak tempuh bisa sampai 40 km, kecepatan maksimum 65 km/jam. Pengisian baterai 3-4 jam," sebut Luqman.

Mobil ini menggunakan motorBLDC HUB 10" 2 kW dengankontrolerTrapezoidalBLDC 125A 6kW.Sasisnya berupatubularframe 1" & 3/4". Sementara sistem pengereman memakai rem cakrampiston kaliper tunggal.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment