Wednesday, May 4, 2016

Ada LSM yang Ditakuti Debt Collector Kendaraan

Ada LSM yang Ditakuti Debt Collector KendaraanJakarta - Mendengar debt collector mobil atau motor orang biasanya langsung bergidik. Tapi ternyata ada yang lebih menyeramkan lagi.

Seorang eksekutif di perusahaan pembiayaan menuturkan fenomena yang tengah marak terjadi di daerah. Khususnya daerah di Jawa Barat, seperti Tasikmalaya, Sukabumi dan lain-lainnya.

"Di daerah tersebut ada yang mengaku-ngaku LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), mereka melindungi kendaraan-kendaraan yang  pembayaran cicilannya menunggak," ujar sumber detikOto di salah satu perusahaan pembiayaan ternama di tanah air.

Jadi begitu debt collector akan mengambil atau menyita kendaraan, anggota LSM  tersebut akan menghalang-halangi tugas mereka , bahkan sampai memukuli para debt collector.

"Mereka ini bahkan ada marketingnya, jadi mereka mencari pemilik kendaraan yang mulai menunggak pembayaran cicilannya, kemudian mereka ambil alih," ujar sumber detikOto lainnya yang tidak menginginkan namanya disebut.

Karena itulah, tidak salah jika rasio kredit bermasalah perusahaan leasing motor/mobil agak naik akhir-akhir ini. Leasing tidak bisa menyita sehingga tidak bisa menghapus kewajiban atau asetnya.

Daerah di Jawa Barat tadi sudah termasuk daerah hitam karena saking maraknya aksi-aksi LSM ini. "Kita sekarang kalau nyari konsumen lihat dulu KTP-nya mas," ujarnya.

Leasing cenderung akan menghindari daerah-daerah 'hitam' tadi. Dia mengatakan hampir semua perusahaan pembiayaan mengalami hal ini.
(ddn/lth)

0 comments:

Post a Comment