Thursday, May 12, 2016

Data Konsumsi BBM yang Salah Mungkin Digunakan Model Mitsubishi Lain

Data Konsumsi BBM yang Salah Mungkin Digunakan Model Mitsubishi LainTokyo - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) telah terungkap menggunakan data konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang salah pada empat mobil kecil yang diproduksi, termasuk dua mobil yang diproduksi Mitsubishi untuk Nissan. Pada Rabu (11/5/2016) kemarin, Mitsubishi mengatakan, data konsumsi BBM yang salah mungkin juga digunakan model lainnya.

Seperti diberitakan Reuters, Jumat (13/5/2016), Mitsubishi mengatakan, diduga data yang tidak tepat juga digunakan pada model lainnya di antara sembilan model yang dijual saat ini serta model yang tidak lagi dijual. Tapi Mitsubishi mengatakan, model yang dijual di luar Jepang tidak terpengaruh.

Kini, Mitsubishi masih ter us menyelidiki kasus ini. Karena masalah ini, diperkirakan Mitsubishi harus menggelontorkan dana lebih banyak lagi.

Analis memperkirakan, Mitsubishi mungkin harus membayar hingga US$ 1 miliar sebagai kompensasi pajak dan biaya bahan bakar tambahan. Meski begitu, Mitsubishi mengaku memiliki pendanaan yang cukup untuk menutupi masalah ini.

"Finansial kami pada tahun lalu berakhir kuat, jadi kami pikir kami bisa mengelola masalah ini. Kami belum mendekati sister company kami untuk dukungan keuangan, kata CEO Mitsubishi, Osamu Masuko dalam sebuah konferensi pers.

Dalam laporan Mitsubishi yang disampaikan ke Kementerian Jepang, diketahui target konsumsi BBM mobil mini eK Wagon dan Dayz serta Nissan eK Space dan Dayz Roox dinaikkan 5 kali, dari 26,4 km per liter menjadi 29,2 km. Mitsubishi mengalami tekanan dari kompetitor karena mereka juga memproduksi mobil dengan konsumsi BBM yang irit.

"Penggunaan kalkuasi komputer juga dicurigai dilakukan u ntuk model mobil RVR dan model lainnya, detail lebih lanjut akan kami umumkan," tulis Mitsubishi.
(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment