Thursday, May 12, 2016

Seperti Ini Tahap Persiapan Menuju Program Mobil Beremisi Rendah

Seperti Ini Tahap Persiapan Menuju Program Mobil Beremisi RendahJakarta - Road map untuk program mobil beremisi rendah atau Low Carbon Emission Program (LCEP) dalam jangka panjang ditargetkan pada 2025 mendatang. Sebelum menuju LCEP, apa saja yang bakal dipersiapkan?

LCEP merupakan salah satu bagian dari program untuk mengurangi emisi dan energi fosil. Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono mengatakan sebagai langkah persiapan menuju LCEP, bisa saja untuk memperkenalkan mobil dengan tenaga alternatif.

"Pengurangan target emisi tahun 2025. Tapi kan milestone-nya ada, apakah introduce CNG dulu, biofuel atau hybrid. Pas ti ada. LCEP sebelum final secara bertahap memang bertujuan untuk mengurangi penggunaan fosil energi," jelas Warih kepada detikOto.

LCEP yang seharusnya telah diumumkan waktu penetapannya pada tahun ini, hingga kini masih molor. Warih mengatakan, saat ini LCEP masih dalam tahap evaluasi dan sejalan dengan Kebijakan Energi Nasional (KEN).

"LCEP sekarang sedang dalam tahap evaluasi. LCEP in line dengan Kebijakan Energi Nasional. Pengurangan emisi berhubungan erat dengan alternatif energi karena base thinking energi sekarang yaitu gasoline, solar dari fosil-fosil. Kalau nanti fosil energi bisa ganti ke energi terbarukan, dampaknya ke emisi lebih baik," ujarnya.

Beberapa waktu lalu, pihak Gaikindo mengatakan tengah membahas LCEP secara intensif dengan Kementerian Perindustrian. Diskusi turut menggandeng sejumlah pakar dan akademisi untuk merumuskan produk terbaik LCEP bakal seperti apa.
(nkn/rgr)

0 comments:

Post a Comment