Wednesday, May 18, 2016

Giliran Suzuki Terlibat Skandal Efisiensi Bahan Bakar di Jepang

Giliran Suzuki Terlibat Skandal Efisiensi Bahan Bakar di JepangTokyo - Suzuki Motor mengatakan telah menggunakan data efisiensi bahan bakar dan metode pengujian emisi yang berbeda dengan peraturan di Jepang. Pengujian emisi dan data efisiensi bahan bakar yang salah melibatkan 16 model yang dijual di Jepang.

Seperti diberitakan Automotive News, Rabu (17/5/2016), Suzuki mengatakan, mereka menggunakan pengujian yang tidak benar sejak 2010. Sebanyak 2,1 juta kendaraa terpengaruh.

Tapi, Suzuki dalam sebuah pernyataannya menegaskan, perbedaan data tersebut tidak mempengaruhi kendaraan Suzuki di luar Jepang.

Mobil yang menggunakan data yang salah adalah mobil kecil dengan mesin hingga 600 cc. Maklum, mobil dengan mesin k ecil di Jepang mendapatkan keringanan pajak.

Kabar Suzuki telah menggunakan data yang salah terungkap setelah beberapa waktu lalu Mitsubishi juga mengakui menggunakan data yang salah pada mobil kecil yang dijual di Jepang. Setelah kasus Mitsubishi terungkap, Menteri Transportasi Jepang meminta pabrikan di negeri itu untuk mengirimkan ulang data efisiensi bahan bakar pada kendaraannya.

Disebut-sebut, Toyota Motor, Nissan Motor, Honda Motor, Mazda Motor, Daihatsu dan Subaru tidak menemukan kejanggalan pada pengujian efisiensi bahan bakar.

Dengan terungkapnya kasus ini, seperti diberitakan Reuters, Suzuki siap menggelar konferensi pers dadakan di Tokyo Rabu (18/5/2016) sore ini.
(rgr/lth)

0 comments:

Post a Comment