Saturday, June 4, 2016

Empat Merek Mobil Masih Gunakan Airbag Takata yang Bermasalah

Empat Merek Mobil Masih Gunakan Airbag Takata yang BermasalahJakarta - Setidaknya empat pabrikan mobil masih menjual kendaraan baru dengan airbag Takata yang bermasalah. Hal itu terungkap menurut sebuah laporan baru yang ditemukan oleh Senate Committee on Commerce, Science, and Transportation.

Seperti dilansir Leftlanenews, Sabtu (4/6/2016), disebut-sebut, empat pabrikan yaitu Fiat Chrysler Automobile (FCA), Mitsubishi, Toyota dan Volkswagen masih menjual kendaraan dengan airbag Takata. Kendaraan yang dilengkapi airbag Takata dan masih dijual termasuk Mitsubishi i-MiEV model tahun 2016 dan 2017, VW CC model 2016, Audi TT model 2016 dan Audi R8 model 2017.

Toyota tidak memberikan rincian spesifik model apa yang masih menggu nakan airbag Takata. Meski begitu, Toyota mengatakan akan menjual sekitar 175.000 kendaraan yang dilengkapi airbag antara Maret 2016 sampai Juli 2017.

Sementara FCA menolak memberikan rincian model atau jumlah kendaraan yang dulengkapi airbag Takata itu.

Meski sangat mengkhawatirkan, keempat pabrikan itu sebenarnya tidak melanggar hukum. Penjualan masih dibolehkan karena dipercaya dibutuhkan beberapa tahun untuk sebuah inflator airbag memburuk ke titik yang berbahaya.

Namun, jika pihak Takata tida bisa membuktikan bahwa inflator airbagnya aman sampai akhir 2018, maka semua kendaraan yang dilengkapi dengan airbag Takata itu harus ditarik.

Masalah airbag Takata ini cukup serius. Setidaknya di Amerika saja 100 orang terluka akibat masalah airbag ini. Dan secara global, 13 nyawa melayang dihubungkan dengan masalah airbag Takata.

Inflator airbag Takata yang bermasalah berpotensi meledak berlebihan. Sehingga, ledakan itu memungkinkan pe cahan logam bertebaran ke dalam kabin kendaraan dan menyerang penghuni mobil.
(rgr/lth)

0 comments:

Post a Comment