Wednesday, June 15, 2016

Ini Tantangan Isuzu Hadapi Penjualan Truk di Indonesia

Ini Tantangan Isuzu Hadapi Penjualan Truk di IndonesiaJakarta - Segmen kendaraan komersial seperti truk merupakan salah satu penggerak roda perekonomian dalam hal mobilitas logistik. Namun, salah satu pemain truk di Indonesia seperti PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) melihat terdapat sejumlah tantangan dan hambatan yang harus dilalui.

Dijelaskan Presiden Direktur PT IAMI, Keiji Takeda bahwa regulasi dari pemerintah terkait kapasitas truk saat ini cukup menyulitkan bagi produsen truk. Utamanya mereka harus kembali menyesuaikan produk truk yang diinginkan oleh konsumen sebab pelaksanaan dari regulasi tersebut yang menyimpang.

"Bukan hanya Isuzu saja sebenarnya tantangan dan hambatan yang dirasakan oleh pemain truk. Produs en lain juga merasa mungkin regulasi dari pemerintah agak kurang stabil atau kurang soal overloading. Misalnya truk sekelas ini muatannya boleh sampai sekian ton. Sudah ada peraturannya tapi pelaksanaannya tidak. Mestinya truk muat sekian ton tapi kenyataannya hanya beberapa ton. Jadi kita mau tidak mau harus menyesuaikan truknya dari permintaan konsumen," ujar Keiji kepada detikOto, Kamis (16/6/2016).

Selain itu, tantangan yang dihadapi Isuzu sebagai pemain truk yakni terkait pengembangan produk yang dianggap terlalu 'berat' bagi negara lain. Sehingga menyulitkan untuk dilakukan ekspor.

"Truk yang sudah kita rakit dan produksi di sni tidak cocok atau terlalu heavy duty dibanding negara lain, jadi kita tidak bisa ekspor di negara lain. Standar emisi juga termasuk. Tantangannya bagaimana kita sesuaikan atau bikin barang dari permintaan konsumen dengan cost regulasi itu susah sekali," ungkapnya.
(nkn/rgr)

0 comments:

Post a Comment