Wednesday, July 20, 2016

China Larang Pengujian Mobil Otonom di Jalan Raya

China Larang Pengujian Mobil Otonom di Jalan RayaJakarta - Produsen otomotif yang sedang mengembangkan mobil otonom belum dibolehkan menguji kendaraan otonomnya di jalan raya China sebelum peraturan dikeluarkan. Regulator industri otomotif China bersama kepolisian akan merumuskan peraturan pengujian mobil otonom di jalanan umum.

Diberitakan Automotive News, Rabu (20/7/2016), Kepala Departemen Otomotif Kementerian Industri dan Teknologi Informasi China, She Wizhen mengatakan, pihaknya beserta polisi memiliki draft awal peraturan pengujian mobil otonom. Namun, dia tidak memeberikan informasi kapan peraturan itu bisa dirilis.

Keputusan pelarangan pengujian mobil otonom ini hadir setelah di Amerika Serikat fitur Autopilot pada Tesla Model S terlibat kecelakaan fatal dan menewaskan korban. Padahal, beberapa pabrikan China sudah mulai menguji mobil otonomnya.

Chongqing Changan Automobile telah menyelesaikan pengujian mobil otonom sejauh hampir 2.000 km pada April lalu. Perusahaan teknologi asal China, Baidu dan produsen otomotif Zhejiang Geely Holding Group yang juga tengah mengembangkan mobil otonom mendesak pemerintah untuk mempercepat penyusunan kerangka peraturan mobil otonom.

Pemerintah di seluruh dunia meminta perusahaan otomotif untuk berinovasi di bidang kendaraan otonom tanpa mengorbankan standar keselamatan. China juga mendorong produsen otomotif untuk mengembangkan kendaraan otonom sebagai bagian dari inisiatif negara untuk bersaing di kancah global.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment