Thursday, July 21, 2016

Honda: Email Antara Internal Yamaha Bukan Bukti

Honda: Email Antara Internal Yamaha Bukan BuktiBekasi - Honda dan Yamaha dituding melakukan praktik persaingan usaha tidak sehat di industri sepeda motor oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). KPPU mengantongi dua bukti, salah satunya percakapan internal Yamaha lewat surat elektronik.

PT Astra Honda Motor (AHM) menekankan bahwa soal surat elektronik itu bukanlah bukti atas tudingan kartel. Bantahan ini diungkapkan oleh Deputy Head Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbudin.

"Soal email yang disampaikan d i pengadilan, kalau kita pelajari, email itu antara internal Yamaha, tidak antara Honda dengan Yamaha," ujarnya kepada wartawan di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, kemarin.

Muhib menyampaikan, tuduhan kepada pihak AHM atas bukti surat elektronik tersebut tidak bisa menjadi kesimpulan bahwa AHM terlibat dalam kartel. Sebab, menurut dia, surat elektronik itu tidak melibatkan pihak Honda.

"Bagaimana bisa kita disimpulkan terlibat bersepakat mengatur harga atas dasar email-emailan. Padahal emailnya itu antar internal Yamaha," ujar Muhib.

Surat elektronik yang dianggap KPPU sebagai bukti, ditanggapi Muhib bukan merupakan sebuah bukti. Muhib juga menegaskan, Honda sama sekali tidak pernah berkomunikasi dengan Yamaha terkait pengaturan harga jual sepeda motor.

"Memang tidak ada bukti. Enggak ada sama sekali komunikasi antara Honda dengan Yamaha terkait masalah kartel," ucapnya.
(rgr/nkn)

0 comments:

Post a Comment