Wednesday, July 27, 2016

Indonesia Harus Miliki Standar Emisi Euro6, Agar Bisa Ekspor Kendaraan

Indonesia Harus Miliki Standar Emisi Euro6, Agar Bisa Ekspor KendaraanJakarta - Selain menjaga agar Indonesia bebas dari emisi gas buang, ada alasan penting lainnya mengapa Indonesia harus memiliki standar bahan bakar Euro6.

"Ada momentum bagus untuk bisa memiliki bahan bakar yang lebih baik. Kalau tidak salah bulan lalu Presiden kan sudah mengingatkan Menteri Lingkungan Hidup untuk bisa mempercepat penerapan Euro4, ini menjadi momentum bagus untuk Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan mengoordinasikan menteri terkait," kata Direktur Eksekutif Komite Penghapus Bensin Bertimbal, Ahmad Safrudin, pada ajang 'Diskusi Forwot Tantangan Menuju Euro6', di Jakarta (27/6/2016).

"Karena untuk jangka pendek okelah Euro4, un tuk melindungi warga negara dari pencemaran udara. Namun jangka panjangnya diharapkan untuk memiliki standar Euro6, agar bisa bersaing memproduksi kendaraan yang bisa diekspor ke luar negeri," katanya.

Untuk itu, dirinya menambahkan langkah konkret perlu dilakukan pemerintah Indonesia. "Harus ada pertemuan kementerian lingkungan hidup dengan kementerian lainnya yang terkait. Karena bicara soal lingkungan, tidak semata-mata untuk menjaga lingkungan, tapi juga bisa menjadi perdagangan (dunia)," ujarnya.

"Karena kendaraan dengan emisi yang tinggi, tidak akan laku dimana-mana (di negara lainnya-Red) dan karena setiap negara akan menekan emisi gas buang. Jadi dibalik memiliki atau memproduksi dengan emisi rendah. Ini sudah menjadi strategi persaingan bisnis atau pasar. Karena kalau zaman dulu itu ada kuota dan tarif saat melakukan ekspor, semuanya dibatasi. Sekarang WTO sudah melarang hal itu, dan negara maju menggunakan isu lingkungan untuk bisa memenangkan per saingan. Artinya produk emisi rendah yang akan diterima konsumen, hal ini didukung konvensi global iklim dan menjadi pemikaran baru dunia," tambahnya.


(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment