Monday, July 11, 2016

Terkait Hukuman untuk Rosberg, Mercedes Tak Jadi Banding

Terkait Hukuman untuk Rosberg, Mercedes Tak Jadi BandingSilverstone - Mercedes memutuskan tidak jadi melakukan banding terkait hukuman yang dijatuhkan untuk pebalap mereka, Nico Rosberg, di GP Inggris akhir pekan lalu.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rosberg, yang finis di urutan kedua pada balapan di Sirkuit Silverstone, Minggu (10/7/2016), mendapatkan hukuman lantaran dinilai meminta bantuan tim via komunikasi radio. Kala itu, girboks mobil Rosberg bermasalah dan ia disarankan timnya untuk menghindari gigi tujuh.

Steward menganggap bahwa tindakan tersebut telah melanggar peraturan yang menyebutkan bahwa seorang pebalap harus menjalani balapan dengan kemampuan sendiri dan tanpa bantuan. Imbasnya, Rosberg dapat penalti 10 d etik dan posisi (finisnya) turun ke urutan ketiga. Max Verstappen, yang awalnya finis di urutan ketiga, naik ke urutan kedua.

Mercedes sempat berencana mengajukan banding terkait hukuman tersebut. Namun, mereka akhirnya tidak jadi melakukannya.

"Mercedes AMG Petronas Formula 1 hari ini memutuskan untuk membatalkan keinginan untuk mengajukan banding terkait keputusan steward pada balapan GP Inggris," demikian pernyataan Mercedes.

"Kami bisa membuktikan kepada steward bahwa masalah dalam girboks itu ada dan, oleh karenanya, diizinkan di dalam peraturan untuk menyarankan Nico mengenai mode mesin mana yang bisa digunakan."

"Namun, saran tim (kepada Rosberg, red) untuk menghindari gigi tujuh dianggap menyalahi aturan," lanjut pernyataan tersebut.

Rosberg masih memimpin klasemen pebalap dengan nilai 168. Namun, selisihnya dengan Lewis Hamilton kini tinggal satu poin saja.
(roz/ddn)

0 comments:

Post a Comment