Thursday, December 27, 2012

Bangun Industri Mobil, Aljazair Gandeng Renault

Bangun Industri Mobil, Aljazair Gandeng Renault Aljir - Demi meningkatkan pertumbuhan industri otomotifnya, pemerintah Aljazair menggandeng produsen mobil asal Prancis, Renault. Keduanya akan membentuk sebuah perusahaan.

Renault telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan membentuk usaha patungan dengan pemerintah Aljazair untuk memulai industri otomotif lokal. Produsen mobil Prancis itu dikatakan akan memiliki 49 persen saham di perusahaan baru.

Belum disebutkan apa nama perusahaan joint-venture ini, tapi yang jelas, investasi hingga 1,2 miliar euro siap dikucurkan untuk membangun pabrik di Tlelat Oued, sebuah kota kecil di utara negara itu.

Selama tahun pertama operasi, pabrik itu akan memproduksi 25.000 mobil dan van yang tiap tahun jumlahnya secara bertahap akan mencapai 75.000 unit per tahun sebelum akhir dekade ini.

Nantinya, sebagian besar kendaraan yang dibangun di Tlelat Oued itu akan diperuntukkan untuk pasar domestik Aljazair yang terus berkembang.

Setelah pasokan untuk Aljazair terpenuhi, pabrik ini kemungkinan juga akan mengambil kesempatan untuk memproduksi mobil untuk negara-negara lain di Afrika.

Perjanjian dengan negara Aljazair tersebut membuat Renault menjadi produsen mobil pertama yang mendirikan pabrik di negara asal pesepabola terkenal, Zidane tersebut. Renault juga akan diberikan hak monopoli selama tiga tahun di pasar lokal.

"Kontrak tersebut memiliki klausul yang mengatakan tidak ada perusahaan publik lainnya yang dapat mencapai kesepakatan serupa dengan selama tiga tahun ke depan," jelas Cherif Rahmani, seorang menteri dalam pemerintahan Aljazair seperti detikOto kutip dari Left Lane News.

0 comments:

Post a Comment