Thursday, December 27, 2012

Suryawangsa, Mobil Matahari Buatan SMK Seharga Rp 110 Juta

Suryawangsa, Mobil Matahari Buatan SMK Seharga Rp 110 Juta Malang - Satu lagi mobil keluaran siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Suryawangsa, ini merupakan mobil solar hybrid buatan siswa SMK Muhammadiyah 7 Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Mobil ini diakui layak diproduksi dan siap bersaing di pasar mobil nasional.

"Mobil ini tanpa emisi, hybrid solar car ini menggunakan energi yang tidak terbatas yakni matahari," ujar guru pembimbing Ahmad Muhtadi seperti dikutip dari Trans TV.

Seperti namanya, Suryawangsa mobil menggunakan tenaga matahari. Energi yang diambil dari matahari disimpan di 8 buah baterai berkapasitas 225 ampere.

Sekali baterai terisi penuh mobil bisa melaju sejauh 100 km dengan kecepatan maksimum 60 km per jam.

Jika cuaca dalam kondisi terik, mobil langsung mengambil tenaga dari surya sementara jika hari tengah mendung mobil akan menggunakan energi yang tersimpan dari baterai.

Para siswa pun berharap berharap mobil ini jadi mobil nasional. "Mobil listrik jangan dijadikan ikon sebuah kebanggaan di satu sekolah tapi kebanggaan nasional," ujar Dimas Aditya.

Berapa harganya?

Untuk pengembangan selama 20 bulan para siswa menghabiskan Rp 250 juta, namun begitu dijual rencananya akan mencapai Rp 110 juta saja.

Simak videonya di detikTV

0 comments:

Post a Comment