Saturday, January 5, 2013

Semua Mobil Listrik Buatan Indonesia Belum Pernah Disertifikasi

Semua Mobil Listrik Buatan Indonesia Belum Pernah Disertifikasi Jakarta - Bukan hanya mobil sport listrik Tucuxi saja yang belum mengantongi sertifikat uji tipe. Semua mobil listrik buatan Indonesia belum memiliki izin dari Kementerian Perhubungan.

Kementerian Perhubungan mengaku kalau pihaknya sejauh ini baru mengeluarkan sertifikat uji tipe untuk mobil listrik kepada pabrikan asal Jepang, yakni Mitsubishi yakni i-MiEV.

"Kami (Kemnhub) baru mengeluarkan sertifikat uji tipe untuk mobil listrik itu kepada Mistubishi. Selebihnya kami belum pernah mengeluarkan sertifikat uji tipe pada semua mobil listrik yang ada di Indonesia," tutur Kepala Pusat Komunikasi (Kapuskom) Publik Kementerian Perhubungan, Bambang S Ervan, kepada detikOto, Sabtu (5/1/2013).

Lebih lanjut Bambang menambahkan, mobil listrik Mitsubishi sudah lama memiliki sertifikat uji tipe. Berbeda dengan mobil listrik lainnya termasuk mobil listrik Tucuxi milik Dahlan Iskan yang belum memiliki sertifikat uji tipe kendaraan.

"Kami dari Kemenhub belum pernah merasa memberikan sertifikat uji tipe untuk mobil listrik milik Dahlan Iskan," tandasnya.

Jadi menurut Bambang, untuk mobil listrik lainnya yang ada di Indonesia dinyatakan sama sekali belum memiliki sertifikat ujit tipe kendaraan dari Kemenhub. Dengan kata lain mobil listrik lainnya belum diperbolehkan untuk melakukan uji berkendara sebelum mendapatkan sertifikat uji tipe.

0 comments:

Post a Comment