Sunday, February 24, 2013

Hamilton Tidak Ingin Menang Hanya karena Beruntung

Hamilton Tidak Ingin Menang Hanya karena Beruntung Jakarta - Lewis Hamilton menilai peluang Mercedes untuk unjuk gigi dalam balapan bisa bertambah di bawah guyuran hujan. Namun, ia menegaskan ingin berjaya karena usaha dan bukannya keberuntungan.

Selepas tes pramusim periode pertama di Barcelona--periode kedua di sana dimulai pada 28 Februari depan--Hamilton melontarkan pernyataan bahwa saat ini Mercedes belum siap bertarung memperebutkan gelar dengan tim-tim papan atas lain mengingat selisih yang ada takkan bisa dipangkas dalam waktu singkat.

Saat itu ia juga menyatakan bahwa para rival saat ini terlalu menilai tinggi Mercedes. Entah cuma berusaha merendah atau bersikap realistis, tetapi pebalap yang musim lalu masih membela McLaren itu juga menegaskan bahwa Mercedes bisa diuntungkan jika ada balapan-balapan basah di musim 2013 nanti.

Pasalnya, kata Hamilton, guyuran hujan akan membuat balapan jadi sulit ditebak dan dapat mengacaukan hitung-hitungan di atas kertas. Inilah yang dapat menguntungkan Mercedes.

Akan tetapi ia juga menegaskan bahwa dirinya lebih ingin meraih kemenangan karena usaha di atas lintasan, alih-alih diuntungkan dengan kondisi non-teknis semacam itu.

"Ketika hujan, sudah pasti itu akan jadi lebih seperti undian. Kami bekerja keras untuk bisa cepat di dalam kondisi kering," katanya di Planet F1.

"Kami tidak ingin diuntungkan hal seperti itu di mana para pebalap lain gagal dan kami melewati mereka cuma karena keberuntungan."

"Kami ingin melakukannya melalui kerja keras dan itulah yang sedang kami usahakan," tegasnya.

Massa: Masih Banyak yang Mesti Dilakukan

Felipe Massa mengaku merasa cukup nyaman di balik kemudi F138, termasuk di kala hujan. Tetapi pebalap Ferrari itu juga menilai timnya masih perlu membenahi banyak hal.

Tes pramusim F1 sejauh ini sudah dihelat di Jerez dan kemudian Barcelona. Ada satu rangkaian tes lagi menanti sebelum musim dimulai, yakni periode tes kedua di Barcelona pada 28 Februari-3 Maret mendatang.

Dalam tes penutup periode pertama di Barcelona, Massa tampil melajukan F138. Menjalani 64 lap, dalam tes yang juga diwarnai guyuran hujan, pebalap Brasil itu mengaku merasa nyaman dengan F138.

"Aku merasa lebih nyaman di dalam mobil dan juga dengan keseimbangannya," kata Massa di Planet F1.

"Aku merasa enak di mobil tapi aku belum banyak mengemudikannya jadi penting kami bisa menggunakan (tes) pekan depan dengan baik, dan menggunakan dua hari yang aku miliki dan dua hari utuk Fernando untuk benar-benar siap buat balapan pertama," lanjutnya,

Massa menambahkan, Ferrari belum melakukan pembaruan apa-apa terhadap mobilnya menjelang tes kedua di Barcelona. Yang berbeda adalah kini mereka lebih memahami pengaturan mobil.

"Penting buat kami untuk bisa membawa komponen baru untuk mobil ini. Mobilnya masih 'hijau' jadi kami harus memastikan mobilnya dalam kondisi bagus untuk balapan pertama."

"Masih ada banyak yang harus dilakukan dan dikerjakan, dan mungkin ini juga momen yang amat penting buat orang-orang yang mengerjakan aerodinamika, mesinnya, sasisnya, untuk merangkai itu semua menuju arah bagus buat balapan pertama," urainya.

(krs/syu)

0 comments:

Post a Comment