Thursday, March 21, 2013

Honda Tes Fitur Anti-macet di Indonesia, Bikin Irit BBM 20%

Honda Tes Fitur Anti-macet di Indonesia, Bikin Irit BBM 20% Jakarta - Produsen otomotif Honda mengumumkan kalau mereka telah mengembangkan sebuah aplikasi anti-kemacetan yang berguna bagi para pengendara ketika sedang berkendara di perkotaan. Dan ternyata, aplikasi ini dites di jalanan Indonesia.

Di situs Honda Motor Co., Ltd, fitur ini berhasil mengurangi konsumsi BBM lebih dari 20 persen.

Honda menjajal aplikasi pintar ini jalan tol di September 2012 sampai Februari 2013 tepatnya di jalan tol Ulujami dan Pondok Ranji yang dioperasikan oleh PT. Jalantol Lingkarluar Jakarta.

Pada dasarnya, aplikasi ini akan memberi tahu pengendara bila di depannya ada mobil yang melambat. Hal ini dimaksudkan agar si pengendara tidak ikut melambat secara cepat.

Sebab menurut Honda, hal itu akan memiliki efek berantai dimana pengendara di belakangnya juga akan melakukan hal yang sama dan akhirnya menciptakan jalan yang tersendat.

Sebenarnya, perusahaan-perusahaan otomotif lain juga sudah lama mengembangkannya. Sebagai contoh, BMW telah lebih dari satu dekade mengembangkan ConnectedDrive agar mobil dapat mencari tahu keadaan di sekitarnya dengan 'berkomunikasi' dengan mobil lain.

Namun, Honda tidak mau bergantung pada pengembangan 'komunikasi antar mobil', tapi lebih mengarahkan ke smartphone si pengguna yang selalu dibawa.

Jadi, aplikasi ini akan mengukur pergerakan kendaraan dari ponsel lain di dekatnya. Nah, ketika di depan ada mobil yang mengerem mendadak tapi tidak terlihat mata, smartphone akan memberi peringatan agar Anda melambat agar tidak ikut-ikutan mengerem mendadak.


Image of congestion minimization effect


Photo 03




Ketika pola mengemudi normal, layar telepon akan berwarna hijau









Photo 04




Ketika cara mengemudi kemungkinan bakal membuat macet, maka layar akan berubah warna dari hijau ke biru.


Dengan begitu, aplikasi yang dites di Indonesia ini diklaim akan secara efektif mengurangi kemacetan dan meningkatkan kecepatan rata-rata lalu lintas seraya membuat kendaraan makin efisien.

Setelah versi mobil ini dikembangkan, Honda juga tengah mempersiapkan versi untuk sepeda motor yang akan menggunakan audio dan getaran sebagai kode peringatannya.

Honda mulai memperkenalkan fitur ini tahun lalu. Simak beberapa artikel sebelumnya:

1. Honda: Teknologi atasi kemacetan kami pertama di dunia

2. Honda Bakal jajal teknologi antikemacetan di Jakarta

3. Ini teknologi antikemacetan Honda


(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment