Thursday, March 21, 2013

Intip Keunggulan Teknologi Mesin 3 Katup di Vespa Terbaru

Intip Keunggulan Teknologi Mesin 3 Katup di Vespa Terbaru Jakarta - Skuter ikonik dunia, Vespa di Indonesia semakin berkembang. Kini 2 model yakni LX 150ie dan S 150ie hadir dengan teknologi mesin 3 katup. Apa keunggulan teknologi mesin 3 katup ini?

Mesin 3 valves ini menggunakan mesin 1 silinder 4-tak berpendingin udara dengan 3 katup (2 katup masuk dan 1 katup buang) satu overhead cam dan sistem injeksi bahan bakar elektronik yang memberikan kinerja terbaik sekaligus mengurangi konsumsi bahan bakar dan mengurangi tingkat emisi.

Untuk crankshaft juga baru yang kini hadir dengan penyesuaian bentuk dan bobot, putaran camshaft dengan tumpuan pada bearings serta penggunaan roller rockers mengurangi tingkat gesekan signifikan, menciptakan keuntungan dalam hal kinerja dan konsumsi bahan bakar.

Penggunaan diameter (bore) dan penambahan langkah (stroke) menciptakan keuntungan pada respon torsi dan akselerasi. Teknologi 3 katup ini adalah yang paling efektif karena meningkatkan kinerja katup masuk, meningkatkan efisiensi mesin dibanding dengan mesin 2 katup yang konvensional.

Timing system yang inovatif dapat meningkatkan pergerakan pencamputan bahan bakar di dalam silinder sehingga proses pembakaran menjadi lebih sempurna dengan posisi busi yang baru yang secara bersamaan bersamaan menjadi perbaikan sistem berpendingin dari komponen-komponen di kepala silinder yang sekaligus mempermudah perawatan.

Sementara itu sistem injeksi bahan bakar juga telah diperbaharui dengan cycle automatic idle management serta cycle fuel mixture management yang berkelanjutan dengan penggunaan Lambda probe yang efisien. Generasi terbaru ECU (Electronic Control Unit) yang mengatur advance mapping terhadap pencampuran bahan bakar dan waktu pengapian.

Keuntungan lainnya juga terjadi pada free wheel electric yang baru sehingga lebih efisien dan tidak berisik, terpadu sempurna dengan mesin yang kaya akan fitur-fitur teknologi. Ditambah dengan dry centifugal clutch otomatis yang telah dikalibrasi dengan tujuan untuk memaksimalkan kinerja dan penghematan bahan bakar pada kecepatan rendah.

"Vespa dengan 3 valves ini banyak keuntungannya. Ini dihadirkan untuk terus mengembangkan Vespa di Indonesia agar lebih baik lagi dan konsumennya lebih banyak mendapatkan keuntungan," ungkap Sales & Network Development Director Piaggio Indonesia Sergi Canovas di Grand Indonesia, Jakarta, kemarin malam.

(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment