Thursday, March 21, 2013

Kendaraan Ini Bisa Dikendalikan dari Tablet PC

Kendaraan Ini Bisa Dikendalikan dari Tablet PC Tokyo - Teknologi otomotif saat ini terus berkembang. Dan di masa depan mobil dapat dikemudikan hanya dengan tablet PC.

Hal itu dibuktikan oleh Hitachi yang memperkenalkan kendaraan bernama ROPTIS yang memiliki singkatan Robot for Personal Intelligent Transport System.

ROPTIS ini sebenarnya bukanlah mobil. Sebab kendaraan ini hanya punya satu tempat duduk dan dirancang sebagai kursi roda robot yang dirancang untuk membantu orang-orang yang kesulitan berjalan seperti lansia.

Penggunaan ROPTIS ini sendiri cukup mudah. Karena penggunanya hanya tinggal mensetting tujuan mereka di tablet PC yang ada di ROPTIS atau melalui perangkat mobile penggunanya.

Lalu ROPTIS akan membawa penumpangnya ke tujuan. Untuk keamanan, sistem navigasi yang menggabungkan Real Time Kinematik GPS (RTK-GPS) dengan rig kamera dan beberapa laser akan memberikan akurasi pemadangan hingga 1 meter.

Sistem ini juga akan mendeteksi pejalan kaki di sekelilig kendaraan dan ketidakrataan permukaan jalan. Dan untuk keamanan, ROPTIS hanya bisa berjalan secepat 5,9 km/jam dilansir gizmag, Kamis (21/3/2013).

Hitachi pun sudah menguji ROPITS di daerah seluas 18 kilometer persegi di kota Tsukuba.

(syu/ikh)

0 comments:

Post a Comment