Thursday, March 21, 2013

UI Luncurkan Mobil Ultra-Efisien dan Hemat Energi

UI Luncurkan Mobil Ultra-Efisien dan Hemat Energi Jakarta - Universitas Indonesia (UI) kembali menunjukkan inovasi dengan meluncurkan dua mobil hemat energi, ramah lingkungan dan ultra-efisien karya para mahasiswa Fakultas Teknik (FT) bernama Keris RV dan Kalabia evo-3.

Peluncuran itu dilakukan pada hari ini di Balai Sidang kampus UI Depok. Dua mobil tersebut akan dilombakan dalam ajang”Shell Eco-Marathon Asia 2013” yang akan diselenggarakan di Malaysia pada 4-7 Juli 2013 di Sirkuit Sepang, Malaysia.

UI siap berkompetisi dalam ajang Shell-Eco Marathon 2013 yang keempat kalinya ini pada dua kategori yaitu prototype dan urban concept yang berfokus pada penggunaan bahan bakar yang efisien.

Kategori prototype adalah kendaraan berbentuk futuristik yang bertujuan untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar melalui elemen desain yang inovatif.

Sedangkan kategori urban concept lebih memerhatikan desain kendaraan konvensional roda empat yang hemat bahan bakar, sesuai dengan kebutuhan pengemudi saat ini. Keduanya dirancang untuk tujuan yang sama, menempuh jarak terjauh dengan satu liter bahan bakar.

Dalam sambutannya, Pjs., Prof.Dr.Ir. Muhammad Anis, M.Met mengatakan

“Universitas Indonesia sangat berbangga hati memiliki mahasiswa cemerlang yang mampu memadukan kepintaran akademis dengan kreativitas dalam melakukan inovasi untuk mencari solusi kendaraan yang hemat energi dan tentunya ramah lingkungan sehingga dapat menjaga sustainability alam," ujar Pjs., Prof.Dr.Ir. Muhammad Anis, M.Met dalam keterangan resminya.

"UI mendukung sepenuhnya para mahasiswa yang akan berkompetisi pertengahan tahun nanti, semoga karya-karya yang dihasilkan dapat memberikan inspirasi bagi pelaku bisnis, pemerintah maupun mahasiswa lainnya," tambahnya.

"Kami percaya bahwa para mahasiswa kami dapat mengharumkan nama indonesia di kancah internasional dengan mengirimkan delegasi terbaiknya untuk menjadi juara di setiap kategorinya,” lugasnya.

Sementara itu,Country Chairman dan Presiden Direktur PT Shell Indonesia, Darwin Silalahi mengatakan kalau Shell bangga dengan prestasi putra-putri Indonesia dalam Shell Eco-marathon (SEM) Asia sejak tahun 2010, dan berharap tahun ini kami akan membawa pulang piala kemenangan melalui buah karya tim-tim dari berbagai perguruan tinggi termasuk Universitas Indonesia.

“Dengan kompetisi SEM ini, Shell bertujuan menginspirasi mahasiswa untuk berinovasi untuk menggali solusi bagi transportasi serta efisiensi bahan bakar, dan menghadapi tantangan energi masa depan,” lugasnya.

Pada kategori prototype, UI mengirimkan tim Nakoela yang telah merancang mobil Keris RV dengan target konsumsi bahan bakar 450 km/L. Keris RV merupakan kendaraan hemat energi generasi kelima dari kendaraan-kendaraan prototipe sebelumnya dengan mesin berkapasitas 110cc yang dilengkapi teknologi injeksi dengan Programmable ECU.

Di bawah bimbingan Dr. Ario Sunar Baskoro S.T., M.T., M.Eng, tim yang beranggotakan 12 orang mahasiswa UI ini mendesain Keris RV dengan tingkat aerodinamis yang tinggi, dan tampilannya jauh berbeda dengan generasi sebelumnya karena dibekali material chassis yang ringan namun kuat.

Sedangkan pada kategori Urban Concept, UI mengirimkan tim Sadewa dengan rancangan mobil bernama Kalabia evo-3 yang merupakan kendaraan ultra-efisien dan ramah lingkungan berbasiskan teknologi-teknologi muktahir hasil pemikiran mahasiswa.

Teknologi tersebut diantaranya ECU (Engine Control Unit) yang diprogram sendiri serta sistem sekuensial injeksi dan hi-impedance injector yang membuat penyemprotan bahan bakar menjadi lebih presisi baik dari segi waktu maupun jumlah sehingga menghasilkan penghematan energi yang sangat besar.

Selain itu dengan Hi compression ratio 14 : 1 dapat membuat efisiensi termal engine semakin meningkat jauh.

Di bawah bimbingan Prof. Dr.Ir. Bambang Sugiarto, M.Eng (Dekan FTUI), tim Sadewa yang beranggotakan 17 mahasiswa UI juga membuat sistem Sadewa programmable bispark ignition yang dilengkapi dengan hi-energy spark two post coil untuk meningkatkan energi yang masuk ke busi sehingga menambah tingkat keiritan bahan bakar.

Kalabia evo-3 juga dilengkapi bearing keramik untuk mengurangi friksi yang tidak berguna, transmisi tiga rasio untuk mengoptimalkan pada tanjakan dan top speed hingga penggunaan ban khusus hasil riset.

Shell Eco-marathon sendiri merupakan proyek pendidikan berkelanjutan yang menantang tim mahasiswa untuk merancang dan membangun kendaraan yang paling hemat energi untuk bersaing dengan kendaraan tim lain.

Pemenangnya adalah kendaraan yang dapat bergerak jarak terjauh dengan menggunakan bahan bakar atau energi paling sedikit. Pencapaian yang pernah diraih Tim UI untuk ajang Shell Eco Marathon Asia antara lain 1st runner up urban concept with gasoline fuel 2012, 1st winner electric and gasoline fuel 2012 (pada lomba IEMC “Indonesia Energy Marathon Challenge” di Surabaya), 1st runner up urban concept with gasoline fuel 2010 dan 2nd runner up urban concept with gasoline fuel 2010.

Tahun ini terdapat 20 tim dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia yang telah lulus technical selection sehingga dapat mewakili Indonesia di final SEM di Sepang, Malaysia.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment