Tuesday, March 12, 2013

Puluhan Ribu Mobil Subaru Jadi Zombie

Puluhan Ribu Mobil Subaru Jadi Zombie Jakarta - Seperti di film-film, puluhan ribu mobil Subaru jadi zombie. Puluhan ribu mobil Subaru itu bisa menyala sendiri hal ini dikatakan dapat membahayakan.

Badan Keselamatan Lalu Lintas dan Jalan Raya Amerika atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) mengatakan kalau ada 47.000 mobil Subaru akan kena tarik (recall) karena masalah ini.

Mobil-mobil itu antara lain terdiri dari Legacy model tahun 2010-2012, Outback 2010-2012, Impreza 2012 dan Crosstrek 2013.

Dikatakan New York Times, puluhan ribu mobil Subaru ini bisa menyala sendiri akibat remote starter opsional yang dibuat oleh Audiovox.

Remote ini sebenarnya memudahkan para penggunanya. Sebab, hanya dengan menekan tombol di remote maka mesin akan menyala otomatis. Jadi pengendaranya tidak perlu menunggu untuk memanaskan mesin.

Tapi, remote ini ternyata gampang rusak bila terjatuh yang membuat mobil tiba-tiba menyala tanpa diperintah. Hal ini dikhawatirkan akan meningkatkan kadar gas karbon monoksida bila pengendara tidak sadar mesin mobil telah menyala berjam-jam. Itu akan meningkatkan kekhawatiran terkait keracunan karbon monoksida.

"Jika itu terjadi ketika kendaraan diparkir di daerah tertutup, seperti garasi, ada risiko karbon monoksida meningkat, yang dapat menimbulkan bahaya keamanan," kata Subaru kepada NHTSA.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment