Tuesday, April 16, 2013

'Merawat Sedan Kian Mahal'

Detroit - Merawat mobil sedan akhir-akhir ini kian mahal. Biaya perawatan mobil ini dalam setahun mencapai hampir Rp 97 juta. Itu di Amerika.

Auto Club AAA merilis laporan tahunan Your Driving Costs tentang biaya memiliki mobil yang meliputi biaya perawatan, bahan bakar, ban, asuransi dan penyusutan harga.

Laporan itu menyebutkan, biaya terbesar adalah untuk perawatan mobil yang diperlukan selama 5 tahun atau 75.000 mil. Biaya ini sudah termasuk upah untuk mekanik, pergantian suku cadang dan garansi tambahan.

"Ketika kendaraan makin menua, Anda membutuhkan lebih banyak lagi biaya perawatan," ujar Manager Technical Services AAA Michael Calkins seperti dilansir USA Today.

Namun yang menarik, meski biaya untuk merawat sedan kian mahal, orang cenderung mempertahankan mobil untuk jangka waktu lebih lama, karena itu mereka meminta garansi tambahan yang akhirnya meningkatkan biaya operasional mobil.

"Rata-rata umur kendaraan sekarang 11,1 tahun. Bukan hanya alasan finansial yang membuat orang lebih lama menggunakan kendaraannya, tetapi kualitas kendaraan juga membaik," ujarnya.

(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment