Saturday, April 13, 2013

Tak Mau Mengulangi Kesalahan, Mobil Listrik Menristek Pakai Girboks

Tak Mau Mengulangi Kesalahan, Mobil Listrik Menristek Pakai Girboks Jakarta - Tak ingin mengulangi kesalahan mobil listrik Tucuxi, mobil listrik milik Menteri Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta rencananya akan memiliki girboks dengan transmisi manual 5 percepatan.

Saat ini Menristek dan LIPI tengah melakukan pengembangan sebelum mobil dalam bentuk prototipenya resmi meluncur bulan depan.

"Mobil listrik kita pakai girboks 5 percepatan. Ada kopling dan kopling hanya berfungsi untuk memindahlan gigi," kata Ketua peneliti Temilek LIPI, Abdul Hapid kepada detikOto, Minggu (14/4/2013).

Menurut Hapid, kerja girboks mobil listrik Menristek dan milik mobil listrik Tucuxi. Kabarnya girboksnya yang menggunakan transmisi manual tersebut memanfaatkan mobil yang dijual di Indonesia.

Sayang dia enggan menjelaskan secara merinci kinerja mobil listrik model sedan yang terbalut cat putih tersebut.

"Belum bisa jelaskan. Orang masih trauma dengan kejadian kemarin. Tapi kita pakai manual, semi manual sama seperti sebelumnya," ucapnya.

Dia menjelaskan, kerja girboks pada mobil listrik Menristek tidak untuk membantu pengeraman mobil. Mobil listrik Menristek memanfaatkan teknologi regenerative braking system.

"Dan girboksnya tidak dirancang untuk mengerem. Rem masih mengandalkan teknologi regenerative braking system," tutupnya.


(ikh/ddn)

0 comments:

Post a Comment