Sunday, May 19, 2013

Jalan Makin Sesak, Keselamatan Jangan Cuma Jadi Jargon

Jalan Makin Sesak, Keselamatan Jangan Cuma Jadi Jargon Jakarta - Mabes Polri merilis data resmi sepanjang tahun 2012 tercatat sebanyak 25.131 orang tewas dalam kecelakaan lalu lintas di Indonesia dan menurut PBB setiap tahun ada 1,3 juta orang meninggal. Kecelakaan itu kebanyakan dialami oleh para pengguna motor.

Semakin tingginya angka kecelakaan itu maka PBB dan Aksi Keselamatan Jalan Indonesia dari Kementerian Perhubungan RI 2011-2020 mencanangkan Decade of Action for Road Safety.

Menanggapi hal itu, aktor, pelawak, penyanyi sekaligus pecinta motor gede (moge) Harley-Davidson, Joe P Project mengatakan kampanye keselamatan berlalu lintas ini jangan hanya dijadikan sebagai jargon melainkan harus direalisasikan oleh semua kalangan masyarakat di seluruh dunia khususnya di Indonesia.

"Itu sudah menjadi keharusan karena kalau tidak dimulai dari sekarang makin banyak korban berjatuhan, jalanan sudah semakin sesak," kata Joe saat berbincang dengan detikOto di Jakarta.

Maka dari itu, lanjut Joe, keselamatan lalu lintas jangan hanya jadi jargon tapi dari pihak terkait seperti pemerintah, khususnya Departemen Perhubungan harus lebih gencar mengedukasikan ke masyarakat agar dampaknya cepat terasa.

Selain itu Joe juga berharap pemerintah khususnya Pemprov DKI Jakarta agar mendukung kampanye ini dengan cara menyediakan sarana dan prasarana yang mumpuni.

"Pemerintah harus lebih menyediakan transportasi publik yang aman dan layak bagi masyarakat dengan begitu masyarakat akan lebih memilih transportasi umum ketimbang menggunakan motor," saran Joe.

(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment