Sunday, May 19, 2013

Menristek Coba Bus Listrik Hevina di Yogyakarta

Menristek Coba Bus Listrik Hevina di Yogyakarta Yogyakarta - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta meresmikan uji coba bus listrik di Taman Pintar Yogyakarta, Senin (20/5/2013).

Bus listrik buatan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia yang berada di bawah koordinasi Kementerian Ristek.

Peluncuran mobil listrik Hevina dihadiri Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti. Peresmian itu bertepatan dengan peringatan hari Kebangkitan Nasional.

Usai peresmian, Gusti Muhammad Hatta bersama Sri Sultan HB X dan Haryadi Suyuti mencoba langsung Hervina warna merah jambu dengan nopol pelat merah D 7091 C itu. Rute yang ditempuh dari Taman Pintar di jl Senopati menuju Jalan Mataram, Malioboro dan kembali ke Taman Pintar.

Bus listrik setelah uji coba akan berada di Taman Pintar. Hevina akan beroperasi dengan rute Taman Parkir Ngabean, Alun Alun Utara Kraton Yogyakarta, Taman Pintar, Malioboro kembali ke Taman Parkir Ngabean Ngampilan atau menempuh jarah sejauh 8,2 kilometer. Masyarakat pun juga diperbolehkan mencoba bus listrik tersebut dari Taman Pintar dengan gratis.

"Bus listrik Hevina ini menggunakan tenaga baterai dengan kapasitas 12 orang penumpang," kata peneliti LIPI Abdul Hapid seusai peresmian.

Menurut dia, bis ini diharapkan menjadi salah satu solusi mengantasi transportasi di Indonesia. Bis ini juga hemat energi dengan sumber energi listrik yang ramah lingkungan. Untuk tempat pengisian baterai atau charging point berada di Taman Pintar maksimal 6 jam.

(bgs/ddn)

0 comments:

Post a Comment